Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang, teruslah menatap ke depan demi masa depan yang cemerlang...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berada di Zona Nyaman Tidak Selamanya Buruk, Coba Lakukan Hal Ini

15 Januari 2024   11:49 Diperbarui: 15 Januari 2024   12:52 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terlalu lama dalam zona nyaman dapat membuat seseorang menjadi terus menerus terlena, tidak punya keinginan untuk berubah, dan seperti sudah merasa terperangkap di dalam kamar dingin ber-AC yang nyaman beserta kasur empuknya.

Mayoritas orang-orang mengatakan juga bahwa zona nyaman itu adalah hal yang berbahaya apabila kita tidak punya niatan untuk keluar dari circle tersebut, namun sepertinya zona nyaman juga tidak membuat setiap orang menjadi buruk jika kita paham apa yang ingin dilakukan selama berada di zona tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita kerjakan saat diri kita masih merasa berada di zona nyaman.

Pertama, kita dapat mengasah skill yang kita miliki. Terserah apapun skill tersebut, yang pasti harus terus diasah dan dilatih setiap harinya agar dapat menemukan perubahan secara berkala. Jangan pernah takut untuk gagal disaat sedang melatih skill tersebut, karena yang jelas semua yang dilakukan tidak ada yang benar-benar sempurna 100%. 

Bila perlu, catat setiap perubahan yang terjadi disaat kita sedang mengasah skill kita tersebut. Jika sudah merasa mantap cobalah untuk mempelajari sesuatu yang baru dan mengembangkan lagi skill baru itu, agar nantinya ketika sudah keluar dari zona nyaman kita benar-benar dapat lebih siap menghadapi hal-hal lainnya yang tidak kalah seru dan menantang pastinya.

Berikutnya yang bisa dilakukan saat berada di zona nyaman yaitu mengikuti berbagai macam kursus online secara gratis. Ya tentu ini adalah salah satu incaran juga bagi para mahasiswa/i yang telah lulus kuliah namun belum dapat pekerjaan, sehingga cara ini juga dapat menjadi langkah yang baik untuk mengetahui wawasan kita sudah sampai sejauh mana agar lebih siap saat di dunia kerja nantinya. 

Saat ini sangat banyak kursus online gratis di internet, mulai dari bahasa Inggris untuk persiapan tes TOEFL / IELTS nantinya, kemudian ada kursus untuk desain grafis seperti bagaimana menggunakan software adobe photoshop beserta tools yang terdapat di dalamnya, dan mencoba untuk mendesain sesuatu seperti poster, banner, brosur, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, biasanya kursus online gratis ini juga ada yang menyertakan sertifikat di akhir. Namun saya belum tahu pasti, tetapi memang pernah lihat ada yang memberikan sertifikat. Atau jika mempunyai rejeki lebih, bisa juga mengikuti kursus online yang berbayar (ini tidak disarankan ya...) namun resikonya kita harus membayar terus apabila masa nya sudah habis.

Selanjutnya, di dalam zona nyaman kita bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat lainnya salah satunya membantu orang tua. Hah? Membantu orang tua di saat zona nyaman? Tidak salah? Memang sepertinya agak aneh, tapi hal tersebut adalah benar apa adanya. 

Mengapa demikian? Karena saat di dalam zona tersebut kita memang belum sibuk-sibuknya untuk mengurus apa yang seharusnya kita lakukan. Jadi inilah kesempatan kita untuk membantu orang tua dan menurut saya itu sah-sah saja, tidak ada yang salah.

Ya hitung-hitung salah satu bentuk perbuatan berbakti pada orang tua, karena ketika nanti kita sudah mulai sibuk seperti bekerja dikhawatirkan sudah tidak bisa sering-sering membantu karena kita pun juga sudah sibuk dengan urusan sendiri. Namun juga jangan pernah melupakan orang tua sama sekali terutama Ibu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun