Mohon tunggu...
Irfan Hanif
Irfan Hanif Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Stay healthy

Berhenti bersikap ragu-ragu dan bimbang | Teruslah jalan ke depan dan jangan berhenti di tengah jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Inilah Manfaat Mempelajari Hal-Hal Baru!

20 September 2022   13:16 Diperbarui: 20 September 2022   13:23 123 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti membutuhkan yang namanya ilmu untuk dapat menambah wawasan dimanapun mereka berada. Dan tidak sedikit pula yang menceritakan beberapa ilmu yang mereka miliki pada orang lain, dan dari situ juga lah mereka mendapatkan wawasan yang baru, yang mungkin belum pernah di dapatkan sebelumnya.

Tidak terkecuali seorang guru dan dosen. Dengan penyebutannya yang berbeda, namun kedua orang ini sangat berperan penting di dunia sekolah dan kampus. Hanya saja yang membedakan adalah persyaratannya saja, untuk menjadi seorang guru seperti apa dan dosen seperti apa. 

Pasti banyak dari kita yang juga ingin sekali menjadi bagian dari salah satu pekerjaan tersebut. Agar dapat memberikan serta menyalurkan ilmu yang kita miliki pada siswa/siswi maupun mahasiswa/mahasiswi.

Namun apakah banyak diantara kita yang terkadang merasa jenuh dan bosan ketika harus terus menerus mempelajari ilmu yang sesuai dengan passion kita? Apakah kita tidak ingin mencoba ilmu lain selain itu? Di artikel ini akan dijelaskan kira-kira apa saja manfaatnya mempelajari ilmu / hal baru.

Pertama, kita akan mendapatkan wawasan baru yang luas yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Sepertinya hal ini memang sudah jelas ya, ketika kita mempelajari suatu hal baru, pastinya akan mendapatkan begitu banyak pengetahuan dan mungkin pengalaman berharga juga untuk hidup kita. 

Coba kalian bayangkan, jika kita terus menerus menekuni bidang yang sama (itu-itu saja) dari dulu hingga sekarang tanpa adanya perubahan. Pasti merasa jenuh dan bosan bukan? Maka itu, cobalah untuk mengubah sedikit sudut pandang kita untuk mencoba belajar yang lainnya. Sehingga otak kita juga akan menjadi terbuka akan wawasan-wawasan yang berharga. 

Alangkah baiknya jika di share ke orang lain, justru jika kita mempunyai ilmu atau kemampuan jangan di diamkan saja. Harus di sharing pada orang lain, sehingga dengan begitu menjadi tambah bermanfaat dan berarti. Dan orang tersebut juga mendapatkan ilmu baru dari apa yang telah kita ajarkan pada mereka.

Berikutnya, manfaat mempelajari hal baru adalah sebagai hiburan untuk diri sendiri jika sedang ada waktu luang. Tapi bukankah hiburan itu seperti jalan-jalan, menonton film, bermain bersama teman/keluarga/saudara ya? Ya itu memang benar, namun mempelajari hal baru juga bisa dikatakan suatu hiburan untuk diri sendiri. 

Jika kalian masih bingung akan saya beri contoh. Misalkan saja, kita adalah seorang Graphic Designer di sebuah perusahaan, dan setiap hari kita menemui masalah / pekerjaan yang berkaitan dengan itu. Sehingga kitapun terus menerus berkutat pada hal-hal yang berbau desain, entah itu desain poster, packaging, banner, logo, desain untuk layout majalah, dan masih banyak lagi. 

Belum lagi kita harus memperhatikan soal warna juga, karena seorang graphic designer pasti harus faham tentang warna-warna. Setiap hari kita terus menerus mempelajarinya agar tambah mengerti, bahkan hari liburpun juga demikian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan