Mohon tunggu...
anggarizkif
anggarizkif Mohon Tunggu...

belajar

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Adu Strategi Dalam Bermain Airsoft

6 Mei 2019   20:07 Diperbarui: 6 Mei 2019   20:32 0 3 0 Mohon Tunggu...
Adu Strategi Dalam Bermain Airsoft
airsoft-5cd02fb56c329d70384c851f.jpg

Airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senjata api yang disebut airsoftgun, Airsoft  kini menjadi salah satu wahana yang akan digemari dikalangan remaja, Selain menantang adrenalin, olahraga ini juga merupakan aktivitas yang membutuhkan kerjasama tim penuh dan juga energi yang cukup besar. Berbekal senjata buatan atau yang biasa disebut Air Softgun, kini peserta dapat bermain di arena parkir yang telah disediakan di Basement Lippo Mall Plaza Yogyakarta.

Airsoftgun / airsoft gun diciptakan untuk memenuhi hasrat pecinta senjata (positif) untuk mengalami pengalaman menembakkan senjata yang relatif aman untuk pengguna individu dan pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan/skirmish (war game) jika dalam suatu komunitas. 

Setiap komunitas yang baik dan bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri, namun memiliki kesamaan prinsip demi keamanan dan kelangsungan hobi ini sendiri. Hobi ini termasuk hobi unik yang berbeda dengan hobi-hobi lainnya. Karena menggunakan alat permainan dan aksesoris lainnya yang merupakan replika dari senjata sebenarnya. 

Tampak dan kesan yang diperlihatkan dari alat permainan ini jika tidak bijak dalam memperlakukannya akan dapat merugikan orang lain dan pelaku hobi ini sendiri. Karena itu jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak mematuhi kode etik penggunaan airsoft, mereka layak untuk tidak dianggap atau dikucilkan dari lingkup dunia hobi airsoft nasional maupun internasional.

Peluru yang dipergunakan berbentuk bulat berbahan plastik padat dan biasa disebut BB (Ball Bearing). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram, 0.25 gram, 0.30 gram. 

Ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram yang tidak boleh dipakai untuk skirmish atau war game karena terbuat dari besi atau kaca atau gotri. sebenarnya peluru atau BB's airsoft yang boleh dipakai hanyalah yang berukuran 6mm dan terbuat dari plastik sehingga membuat airsoft tidak berbahaya kcuali untuk mata .

yt-5cd02fe57d1b9055906b2b12.jpg
yt-5cd02fe57d1b9055906b2b12.jpg
Permainan airsoft gun sebenarnya bukan permainan biasa. Di dalamnya para pemain tak hanya disibukkan dengan mengarahkan target dan melumpuhkannnya. Tak hanya soal strategi bagaimana memenangkan permainan dengan mengalahkan musuh.

Lebih dari itu permainan airsoft gun juga menunjukkan kegiatan olahraga dengan mengandalkan kekuatan fisik. Para pemain harus memiliki stamina yang cukup dan prima dalam memainkan permainan tersebut.

Para pemain harus sigap dan lincah. Berlari kesana kemari mencari target lawan, mengarahkan dan membidik senjata, menghindar dari lawan, saling berkejaran, berguling, tiarap, merangkak, dan kegiatan fisik lain.

Semua kegiatan fisik tersebut dilakukan demi memenangkan permainan dan mencapai misi. Itulah keunikan dan kelebihan permainan airsoft gun. Sangat memacu adrenalin para pemain.

Para pemain harus saling bekerja sama, fokus, dan tak boleh lengah selama dalam permainan. Dalam permainan tersebut para pemain dilatih sebagaimana dalam dunia militer maupun kepolisian untuk disiplin, tangguh, konsentrasi, dan tentu saja bisa bekerja dalam tim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2