Mohon tunggu...
Midway Writer
Midway Writer Mohon Tunggu...

Kami adalah sekelompok penulis yang ingin mendukung para pembaca cerdas dengan memberikan artikel-artikel yang berimbang dan terpercaya. Follow akun Instagram kami di @midwaywriter :)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Musim Liburan Sekolah, Musimnya Khitan

26 Desember 2018   14:35 Diperbarui: 26 Desember 2018   16:24 117 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musim Liburan Sekolah, Musimnya Khitan
Linda Afriani (tengah) bersama anak-anak peserta khitan di Kulonprogo

Khitanan (sunat) atau sering disebut dengan sirkumsisi adalah sebuah kegiatan tradisi yang berhubungan dengan kesehatan alat reproduksi laki-laki dimana ada bagian tertentu yang dihilangkan atau dipotong. Kegiatan ini telah menjadi salah satu kewajiban dalam agama Islam dan sangat disarankan untuk dilakukan menurut para pakar kesehatan dunia. 

Di Indonesia sendiri, khitanan pada anak laki-laki umumnya dilakukan ketika mereka rata-rata menginjak umur 10 tahun hingga 15 tahun, yaitu masa dimana mereka masih berada di level pendidikan SD atau SMP. Kegiatan khitanan ini biasanya dilakukan saat musim libur sekolah sehingga anak tidak perlu meminta ijin sekolah untuk menjalani proses khitan dan penyembuhan pasca khitan.

salah seorang peserta khitan sedang menunggu giliran
salah seorang peserta khitan sedang menunggu giliran
Biaya khitan-pun bermacam-macam mulai dari khitan konvensional seharga Rp 500.000,00 hingga khitan laser yang dapat mencapai Rp 1.500.000,00 hingga Rp 2.000.000,00 untuk sekali khitan. Tentu orang tua tidak bisa sekedar menjadikan biaya sebagai pertimbangan karena kelayakan alat dan skill dari tukang khitan sangat harus diperhitungkan mengingat khitan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup dan proses ini juga akan menentukan masa depan si-anak.

Baca Juga: Tipe Parenting

Melihat hal ini, CnC Moms Community, sebuah komunitas Ibu-Ibu di Yogyakarta, kembali mengadakan khitan masal gratis di Yogyakarta. Komunitas yang digawangi oleh Linda Afriani, S.E. ini bekerjasama dengan RS Hidayatulloh Bantul. Khitanan masal ini juga didukung oleh Yayasan Jogjakarta Berdaya (YJB), Rumah Tahfidz Al-Kahfi, dan Rumah Yatim Ulil Albab. 

Dalam acara khitan masal yang dilasanakan bertepatan dengan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2018 lalu ini mendapat perhatian khusus dari warga di Bantul Yogyakarta. Tidak hanya itu, dalam acara ini pula, para peserta khitan mendapatkan uang pembinaan, tas sekolah, alat tulis, dan sarung.

CnC Moms Community adalah komunitas Ibu-Ibu yang bertujuan untuk tidak hanya menjadi tempat berkumpul para ibu untuk berbagi inspirasi dan motivasi tetapi juga membantu ibu-ibu di luar komunitas. Program kegiatan khitanan masal ini adalah salah satu upaya untuk membantu para ibu agar tidak kesulitan terutama dalam hal biaya untuk mengkhitan anak laki-laki mereka. Dengan adanya acara ini, diharapkan, anak-anak akan semakin terhibur dan beban orang tua akan berkurang.

Pengajian akbar menjadi salah satu rangkaian acara khitanan masal
Pengajian akbar menjadi salah satu rangkaian acara khitanan masal
Selain khitanan, ada rangkaian acara lain seperti pengajian , hadrohan yang diisi oleh Rumah Ulil Albab. Pengajian ini diisi oleh KH Sirojan Muniro. Di akhir acara, panitia memberikan santunan berupa sembako untuk jompo dan dhuafa serta peletakan batu pertama untuk pembangunan aula di Rumah Yatim Ulil Albab.

Lanjut Baca: Linda Afriani Bersama Komunitas Ibu Peduli Selenggarakan Khitanan Masal 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x