Mohon tunggu...
Angelica Marisi Damanik
Angelica Marisi Damanik Mohon Tunggu... SMAN 28 JAKARTA

XI MIPA 3 - Absen 3

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bingung Mengatur Waktu di Rumah? Yuk Intip 5 Tips Bagi Kamu Pejuang Home Learning!

2 Agustus 2020   14:11 Diperbarui: 2 Agustus 2020   15:34 152 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bingung Mengatur Waktu di Rumah? Yuk Intip 5  Tips Bagi Kamu Pejuang Home Learning!
Contoh To Do List unik

Pandemi virus Covid-19 tak kunjung mereda, di Indonesia sendiri angka penularan dan penyebarannya pun tak kunjung menurun. Sudah sekitar lima bulan lamanya kita melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Ya, self-quarantine adalah salah satu protokol kesehatan yang wajib kita taati demi menekan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Karantina mandiri dengan mengurangi kegiatan diluar rumah atau mungkin sama sekali menghilangkan kegiatan di luar rumah. 

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di sekolah pun terpaksa di hentikan dan diubah menjadi Learn from Home (LFH) atau Belajar dari Rumah (BDR). Kegiatan BDR ini merupakan kegiatan belajar yang berbasis online dan virtual. Tak sedikit masalah yang muncul dan siswa yang merasa lelah dan bosan dalam menjalani BDR. Rindu dengan suasana belajar di kelas, bosan belajar sendiri, sampai kebingungan dalam mengatur waktu di rumah, apalagi dengan tugas sekolah yang menumpuk. 

Yuk simak 5 Tips berikut yang bisa membantu kamu dalam mengatur waktumu di rumah menjadi lebih efektif dan menyenangkan!

          1. To Do List dan Skala Prioritas

Menuliskan atau membuat list kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan hari ini. Misalnya kamu ingin menyiram tanaman di pagi hari, kegiatan BDR, berolahraga dan lain-lain. Kamu dapat menuliskannya setiap sebelum tidur atau setiap pagi agar harimu terencana dan dapat berjalan dengan produktif. Dan jangan melupakan skala prioritas, sehingga tidak ada tugas yang tertinggal dan terlewat dari  deadline. Kamu juga dapat berekspresi dalam membuat To Do List, kamu dapat menambahkan warna atau gambar-gambar menarik yang membuat dirimu lebih bersemangat. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi time planner di smartphone.

     2. Batasan Tempat dan Waktu

Penggunaan meja belajar dengan tepat.
Penggunaan meja belajar dengan tepat.

Membuat batasan dan waktu di rumah dalam menjalankan BDR adalah salah satu hal yang sangat penting. Batasan tempat adalah setiap area di rumah memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Contohnya seperti area belajar atau meja belajar di kamar adalah tempat khusus untuk belajar dan melaksanakan kegiatan BDR, tempat tidur yang digunakan hanya untuk beristirahat tidak untuk belajar. 

Kemudian dalam melaksanakan kegiatan yang sudah kita tulis dan rencanakan diatas, ada baiknya kita membuat batasan waktu, bisa juga menambahkannya pada To Do List. Bagaimana cara menerapkan batasan waktu dengan tepat dan efektif? Kamu dapat menargetkan berapa waktu yang kamu perlukan dan menerapkannya dengan set-timer. Dengan menggunakan batasan waktu dalam tiap pekerjaan, kamu jadi terlatih dalam menggunakan waktu dengan baik dan lebih cepat dalam menyelesaikan tugas.

      3. Productivity Apps

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN