Mohon tunggu...
Angelita JayalaksanaFitri
Angelita JayalaksanaFitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 Dosen Pengawas Lapangan: Dra. Cucu Ruhidawati, M. Si.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Kesehatan Mental Peserta Didik (Pelajar) di Masa Pandemi Covid-19

3 Agustus 2021   19:10 Diperbarui: 3 Agustus 2021   19:17 66 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Kesehatan Mental Peserta Didik (Pelajar) di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 tidak hanya berefek pada kesehatan fisik, tetapi juga berpengaruh kepada kesehatan mental seseorang. Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental adalah aspek penting bagi setiap fase kehidupan individu karena dengan kesehatan mental, kehidupan akan berjalan dengan baik dan wajar. Kesehatan mental adalah keadaan psikologis seseorang yang ditandai dengan kemampuan mengelola emosi dan pikiran, mengembangkan potensi diri, berinteraksi dengan orang lain secara konstruktif, bekerja (belajar) secara produktif, dan berkontribusi bagi kesejahteraan bersama. Perkembangan kesehatan mental seseorang dipengaruhi oleh iklim atau suasana kehidupan.

Kesehatan mental merupakan hal yang serius untuk diperhatikan. Masalah kesehatan mental tidak hanya bisa dialami orang dewasa, tetapi bisa juga dialami oleh peserta didik (pelajar) di masa pandemi Covid-19 saat ini. Banyaknya perubahan yang terjadi dalam kehidupan secara drastis menyebabkan gangguan kesehatan mental dan psikis. Masa pandemi Covid-19, membuat berbagai aktivitas belajar, bermain dan bercengkerama bersama teman-teman menjadi sangat terbatas, ditambah lagi harus melakukan adaptasi kebiasaan baru.

Beragam masalah kesehatan mental pun bermunculan, seperti stres, depresi, insomnia, kehilangan mood, mudah tersinggung, hingga kelelahan secara emosi yang dapat menimbulkan kecemasan yang berlebih. Apabila hal tersebut tidak diatasi secara serius tentu akan memunculkan masalah serius bagi perkembangan peserta didik (pelajar) pada masa depan.

Menghadapi pandemi Covid-19 membutuhkan pemikiran yang jernih. Berikut cara mudah yang bisa dilakukan peserta didik (pelajar) untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19:

  • Kontrol emosi dengan  baik

Belajar untuk tidak mudah tersinggung terhadap apa saja yang dikatakan seseorang, pilah apa yang dikatakan, dan ambil sisi positifnya.

  • Mencoba hal baru

Saat terjadi kekosongan waktu atau mulai merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, maka bisa mengisi waktu dengan mencoba hal-hal baru untuk mengasah skills.

  • Bercerita kepada orang terdekat

Bercerita pada orang yang kamu percaya dapat mengurangi beban yang sedang kamu pikul dan rasakan dalam keadaan pandemi Covid-19.

  • Olahraga

Selalu luangkan waktu untuk berolahraga, makan-makanan yang sehat untuk menjaga imun tubuh tetap fit di masa pandemi ini.

  • Meditasi

Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan cara meditasi. 10-15 menit dalam sehari adalah waktu ideal, terutama sebelum tidur.

  • Senyum

Meskipun terdengar sepele, tapi senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif.

  • Bersenang-senang

Carilah hobi positif yang bisa membuat bahagia di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, yang membuat melupakan segala kepenatan. Jangan malu untuk tertawa lepas.

  • Istirahat yang cukup

Untuk mewujudkan kesehatan mental yang optimal, dibutuhkan istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas di siang hari.

Orang yang mentalnya sehat, hidupnya akan produktif dan kontributif. Produktif di sini adalah kemampuan untuk membangun dirinya sendiri ke arah pencapaian sosok pribadi yang matang, mandiri, atau dewasa. Sementara, kontributif adalah kemampuan memberikan nilai manfaat bagi kepentingan atau kesejahteraan orang lain.

Mari tingkatkan kesadaran diri untuk menjaga kesehatan mental agar hidup berjalan dengan baik, karena kesehatan mental merupakan aspek yang sangat penting sebagaimana pentingnya kesehatan fisik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x