Mohon tunggu...
Angeline Harjono
Angeline Harjono Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Sanata Dharma

An English Literature student. Aspires to be a content writer or author in the future...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

TOPIK: JLPT Versi Korea, Syarat untuk Bisa Kuliah dan Tinggal di Korea?

22 Oktober 2020   14:50 Diperbarui: 22 Oktober 2020   14:55 12 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
TOPIK: JLPT Versi Korea, Syarat untuk Bisa Kuliah dan Tinggal di Korea?
korea.net

Buat kalian yang punya rencana buat menempuh pendidikan atau bekerja di Korea, udah tau belum apa itu TOPIK? Ini adalah salah satu ketentuan jika ingin bekerja, bersekolah atau bahkan, tinggal di sana sebagai warga negara. Nah, langsung simak aja selanjutnya buat tahu seluk beluk dari tes ini.

Pengertian TOPIK

TOPIK, yang memiliki singkatan Tes of Proficiency in Korean, adalah ujian tertulis khusus non-penutur bahasa Korea dalam mengukur dan memahami kemampuan mereka dalam bahasa tersebut. Sertifikat TOPIK dapat berlaku selama 2 tahun.

Tujuan Penyelenggaraan TOPIK

Selain  bertujuan untuk mempromosikan bahasa Korea, TOPIK juga dapat digunakan untuk masuk perguruan tinggi di Korea, melamar pekerjaan, mengurus sertifikasi instruktur Korea, memperoleh beasiswa dan mengurus status permanent resident atau jenis-jenis visa lainnya. 

Penanggung Jawab TOPIK

TOPIK diadakan oleh National Institute for International Education (NIIED) yang berada langsung di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korea. Mereka yang bertanggung jawab atas penentuan teknis pelaksanaan ujian dan pemilihan lembaga pengawas secara domestik maupun internasional.

Struktur Ujian TOPIK

TOPIK memiliki dua tipe: TOPIK I untuk pemula dan TOPIK II untuk tingkat intermediate & advanced. TOPIK I memiliki dua sub-level, level 1 dan 2. TOPIK I hanya memiliki 1 sesi ujian terdiri dari 70 soal dengan waktu 100 menit yang terbagi dalam 2 bagian, yaitu membaca dan mendengarkan.

Sedangkan TOPIK II memiliki empat sub level, level 3, 4, 5 dan 6. TOPIK II memiliki 2 sesi ujian terdiri dari 104 soal dengan waktu 180 menit yang terbagi dalam 3 bagian; sesi I untuk mendengarkan dan menulis, sesi II untuk membaca. 

koreaherald.com
koreaherald.com
Standar Penilaian TOPIK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN