Mohon tunggu...
Angeline Harjono
Angeline Harjono Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi Universitas Sanata Dharma

An English Literature student. Aspires to be a content writer or author in the future...

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

4 Manfaat Penting User Research untuk E-commerce

14 Oktober 2020   13:00 Diperbarui: 14 Oktober 2020   13:05 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dunia digital yang semakin berkembang menimbulkan banyak orang yang beralih menggunakan e-commerce. Dengan layanan dan fitur yang lebih canggih dan cepat, ada beragam e-commerce yang cukup bisa kamu akses lewat gawai. Nah, persoalannya adalah bagaimana e-commerce tersebut mempertahankan keunikan produknya dan kepuasan para pelanggan dari tahun ke tahun? 

Ada satu hal penting yang wajib menjadi prioritas para e-commerce tapi seringkali diabaikan karena dianggap tidak terlalu penting, yaitu User Research. Saat mendesain ulang suatu situs atau aplikasi, mungkin beberapa orang akan berasumsi bahwa mereka sudah tahu siapa target pasar mereka, paham apa kebutuhan serta keinginan mereka, dan bagaimana mendesain UX (User Experience) yang akan disukai oleh target pasar. Padahal dengan User Research, kesalahan pada desain akan lebih minimalis dan para perusahaan dapat mempelajari apa yang sebenarnya user lakukan dan pikirkan saat menggunakan produk mereka. 

Nah, apa saja sih kegunaan dari User Research untuk E-commerce?

a. Memahami pengelompokan user yang beragam

Rex Software
Rex Software
Jika dilihat sekilas, mungkin kalian akan berpikir bahwa keberagaman user dalam suatu aplikasi dapat langsung diketahui. Misalnya, pengguna aplikasi bidang edukasi dipakai oleh dua kelompok utama, yaitu guru dan murid. Tetapi, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak semua orang memiliki karakter dan kebutuhan yang sama. 

Maka dari itu, kita harus melakukan user research lebih dalam untuk mengenal para user lebih dekat. Perusahaan juga akan lebih paham mengenai pengelompokan user yang beragam. Nantinya hal ini juga dapat membantu e-commerce untuk menentukan bagaimana menyampaikan konten dan produk mereka sesuai dengan kebutuhan user.

b. Mengetahui cara user menggunakan produk e-commerce

UXPlanet.org
UXPlanet.org

User Research juga dapat digunakan untuk menganalisis alur dan tindakan para user saat menggunakan produk e-commerce. Selain berpakut pada tujuan akhir dari pengguna, user research juga bisa mengungkapkan beberapa informasi mengenai peningkatan yang dapat dilakukan saat mendesain ulang produk. 

Ada berbagai macam metode user research yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya, interview yaitu diskusi one-on-one dengan user yang menunjukkan bagaimana mereka menggunakan produk tersebut, Task Analysis  yang mencakup pembelajaran tentang tujuan user serta kegiatan user dalam produk agar kita paham akan hal-hal apa yang perlu dilakukan user, dan masih banyak metode lainnya.

c. Mempelajari pola user dalam tahap-tahap pemakaian produk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun