Mohon tunggu...
Angelina Natasha
Angelina Natasha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ingin mulai rajin menulis :)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kalau Ada JNE, Layangan Gak Akan Putus, Lho!

29 Januari 2022   10:34 Diperbarui: 29 Januari 2022   10:36 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Benar, kalau ada JNE, layangan dan hubungan antar pembeli dan penjualnya tidak akan putus. Sebagai seorang mahasiswa, era digital tidak hanya membantu saya dalam bidang edukasi, melainkan, juga membantu saya dalam meningkatkan situasi dan kondisi ekonomi. 

Selain meningkatkan ekonomi pribadi, sebagai anak pertama dari 3 bersaudara, saya selalu merasa wajib untuk membantu orang tua dalam meningkatkan dan menopang ekonomi keluarga. Salah satu caranya adalah dengan berjualan online. 

Dalam berjualan online, penjual harus cermat dalam melakukan survei pasar agar dapat menentukan barang yang akan dijual, menentukan target segment, menentukan media, termasuk menentukan cara pengiriman barang yang tepat agar barang sampai pada konsumen dengan aman. Hal-hal tersebut dapat saya capai karena bantuan dari orang-orang terdekat. 

Saya menjadi reseller Bakso Aci Bandung, yang lumayan dikenal di kalangan mahasiswa. Pesanan-pesanan yang saya terima dapat diterima pula oleh teman-teman mahasiswa dengan baik karena bantuan orang tua yang rela mengantarkan pesanan. Saya juga sangat memanfaatkan media digital yang paling sering digunakan oleh kalangan mahasiswa sekarang, yaitu Instagram. 

Dari promosi, sampai testimoni saya lakukan dan saya terima melalui Instagram. Tidak hanya sampai di situ, testimoni yang saya terima, ternyata mengundang teman-teman mahasiswa di luar pulau Jawa untuk ikut membeli. 

Hal ini berhasil membuat saya dan keluarga merasa gembira dan bingung di waktu yang sama. Kebingungan akan menentukan packing dan menentukan jasa pengirim barang mana yang akan kami gunakan untuk mengantar pesanan.

Kebingungan kami pun berhasil terhenti, setelah mengunjungi outlet JNE dan bertanya beberapa hal di sana, dan berhasil pula menentukan keputusan untuk memercayai JNE sebagai pengirim Bakso Aci kepada pelanggan di luar Jawa dan domisili saya.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi

Bahagia rasanya ketika makanan yang saya jual dapat dinikmati dengan sampai ke luar pulau Jawa yaitu ke pulau Kalimantan, Samarinda. Saya memercayakan pengiriman kepada JNE karena, pengalaman sebelumnya ketika mengirim paket makanan kepada pelanggan di pulau Jawa, terbukti selalu sampai dalam keadaan aman, sehingga penjual dan pembeli merasa sangat puas.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun