Mohon tunggu...
Angelica Aninditha
Angelica Aninditha Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Do the best and let God do the rest.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

2021 Masker Masih Penting

17 Januari 2021   14:25 Diperbarui: 17 Januari 2021   14:27 510
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
( sumber : ayosemarang.com )

Memasuki  tahun 2021, ternyata Pandemi Covid-19 belum juga usai. Terbukti baru memasuki minggu pertama pada tahun 2021, Indonesia sudah mencapai rekor tertinggi dalam kasus positif Covid-19 sebesar 797.723 jiwa ( menurut Kompas.com - 08/01/2021). Maka dari itu, pencegahan penularan virus Covid-19 di Indonesia dalam masa pandemi ini harus lebih ketat salah satunya  mewajibkan semua warga untuk menggunakan masker dengan baik dan bijak. Di Indonesia sendiri penggunaan masker termasuk salah satu bagian dari langkah pencegahan 3 M selain menjaga jarak (social distancing) dan mencuci tangan.

WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia dan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) telah merekomendasikan seluruh masyarakat dunia untuk mengenakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

Pasti sudah pada tau kan?  kalau fungsi utama dari penggunaan masker tersebut adalah untuk menghalangi cairan (droplet) maupun partikel udara yang keluar dari pemakai saat batuk, bersin atau bicara dan juga berfungsi untuk membantu menghalangi droplet yang berasal dari orang lain dan menempel pada wajah serta mencari jalan masuk menuju tubuh.

Dalam penggunaan masker juga harus sesuai dengan kategori yang ditentukan sebagai upaya penanganan Covid-19. Satgas Covid-19 telah menyarankan pada seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas dengan publik. Target dari Satgas Covid-19 setidaknya kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker berkisar antara 70-75 % dari populasi di seluruh Indonesia dapat menekan kasus Covid-19 di Indonesia.

Jenis-Jenis Masker dan Efektifitasnya

Sekarang ini banyak sekali jenis kain yang beredar di pasaran dengan efektifitas masker masing-masing. Sebelum Anda menentukan pilihan, sebaiknya Anda mengenali beberapa jenis masker agar tidak salah pilih.

Berikut ulasan mengenai jenis-jenis masker beserta fungsi dan kegunaannya.

1. Masker medis

Jenis masker yang pertama adalah masker medis yang didefinisikan dengan masker bedah berlipit atau berbentuk datar. Masker ini diikat di bagian kepala menggunakan tali yang mengelilingi kepala atau telinga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun