Mohon tunggu...
Angela Sunaryo
Angela Sunaryo Mohon Tunggu... Fighting~

Seorang siswa di SMA Dian Harapan Cikarang 2019/2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kuliah Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri Gratis!

19 November 2019   15:34 Diperbarui: 19 November 2019   15:40 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kuliah Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri  Gratis!
instagram.com/jessicasunaryo

Banyak orang bilang kuliah kedokteran mahal. Satu tahun bisa habis satu mobil. Akan tetapi, Jessica Sunaryo (19) telah membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil untuk kuliah jurusan fakultas kedokteran GRATIS! Bagaimana caranya? Simak artikel berikut.      

Jessica Sunaryo adalah alumni SMA Dian Harapan Cikarang. Sejak awal SMA, ia sudah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Ia ingin sekali menjadi dokter. Namun, kampus-kampus swasta menawarkan biaya yang relatif tinggi sehingga ia telah menetapkan bahwa ia harus masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Dengan usaha kerasnya dan ketekunannya, ia diterima sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran atau yang dapat disingkat sebagai UNPAD. Ia masuk FK UNPAD pada tahun 2018 melalui jalur SBMPTN. Jessica bersyukur bahwa Ia dapat meraih impiannya untuk kuliah Fakultas Kedokteran di PTN. Meskipun bukan kampus impiannya, tetapi ia tetap bersyukur karena telah ditempatkan di UNPAD.

Bagaimana caranya bisa kuliah gratis? Pada saat itu, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., yang adalah rektor UNPAD membentuk program dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga kerja kesehatan di Jawa Barat. Beliau mengatakan bahwa dokter di Jawa Barat jumlahnya sedikit dan kurang tersebar merata. Sehingga ia berharap melalui program ini, tenaga kerja kesehatan meningkat.

"Untuk mahasiswa yang menjalani program ini, mereka akan mendapatkan ikatan dinas sesuai dengan regulasi yang akan ditetapkan. Tapi programnya berlaku untuk tahun 2016-2018 saja. Jadi kalau untuk tahun 2019 keatas, mahasiswa tetap bayar seperti yang seharusnya." Ucapnya.

Meskipun program gratis sudah tiada, Jessica mengatakan untuk tidak patah semangat. Kejarlah impianmu dengan usaha keras dan doa. Apapun hasilnya selama kamu sudah memberikan yang terbaik, maka serahkan semuanya kepada Tuhan. Biar Kehendak-Nya saja yang terjadi.

Salam Super !

VIDEO PILIHAN