Mohon tunggu...
Angela Gina
Angela Gina Mohon Tunggu... Comm '18

Enjoy my writing! Appreciate any feedback.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Review "Ibuku yang Cerewet", Memperingati 1 Tahun Pandemi

9 Maret 2021   23:50 Diperbarui: 9 Maret 2021   23:57 244 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review "Ibuku yang Cerewet", Memperingati 1 Tahun Pandemi
kolase -- ilustrasi pribadi

Seringkali terdapat iklan di Youtube yang dikemas dalam bentuk short movie. Salah satunya adalah short movie "Ibuku yang Cerewet" yang dipersembahkan oleh J99 Corp dan Kece Entertainment. Short movie tersebut mengiklankan masker Kosme Mask.

Ibuku yang Cerewet didedikasikan untuk memperingati 1 tahun pandemi Covid-19 di Indonesia tanggal 2 Maret 2021. Short movie ini mengingatkan masyarakat untuk selalu memakai masker sebagai Alat Pelindung Diri sebagai upaya pencegahan dan penularan Covid-19.

Review "Ibuku yang Cerewet"

Pada review kali ini, akan menggunakan panduan kriteria atau video evaluasi. Terdapat beberapa kriteria, yaitu style and organization, creativity, content, quality, spelling, usage, grammar, mechanics, dan overall impression.


1. Style and Organization

Short movie yang berdurasi 5:44 ini memiliki alur cerita yang terstruktur. Awalnya dimulai dengan alur maju lalu ada beberapa flashback atau kilas balik. Setiap transisi bagus dan masuk akal. Cerita disampaikan dengan menggunakan percampuran antara dialog dan monolog. Pada kategori ini diberikan 3 poin (very good).

tangkapan layar
tangkapan layar

2. Creativity

Pengambilan angle kamera dilakukan dari berbagai sisi. Tidak hanya satu sudut pandang saja. Musik yang digunakan sesuai dengan mood dan alur cerita. Musik cenderung sedih karena alur cerita yang sedih. Ada shot close up dan juga shot dari jauh sesuai dengan subjek mana yang ingin ditonjolkan. Pada kategori ini diberikan 3 poin (very good)

tangkapan layar
tangkapan layar
3. Content

Konten menarik dan alur cerita mudah dipahami oleh penonton. Masing-masing subjek memiliki perannya masing-masing yang jelas. Konten mengenai isu terkini yaitu tentang pandemi. 

Masih banyak orang yang tidak mau memakai masker setelah satu tahun pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Pada kategori ini diberikan 4 poin (excellent). Makna yang implisit namun tetap tersampaikan dengan baik.


4. Quality

Dialog dan monolog terdengar jelas. Setiap shot fokus pada subjeknya tidak ada yang blur. Lightning bagus walaupun ada scene di malam hari tetap jelas terlihat. Terlihat bahwa short movie "Ibuku yang Cerewet" diproduksi secara profesional. Kamera dan hasil shoot tidak goyang. Pada kategori diberikan 4 poin (excellent)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN