Mohon tunggu...
Angela Gina
Angela Gina Mohon Tunggu... Comm '18

Enjoy my writing! Appreciate any feedback.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wakanda, Bersembunyi atau Berevolusi?

11 November 2020   21:32 Diperbarui: 11 November 2020   21:34 43 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wakanda, Bersembunyi atau Berevolusi?
sumber: https://www.tallengestore.com/products/black-panther-posters

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan film Black Panther garapan Marvel. Film ini bercerita tentang sebuah tempat bernama Wakanda yang menyembunyikan jati dirinya dari dunia luar. Diawali dengan T'Challa (Chadwick Boseman) yang berhak menjadi Raja Wakanda setelah kematian ayahnya. Wakanda memiliki teknologi yang sangat dilindungi oleh raja dan suku-suku di Wakanda.

Saat T'Challa baru saja menjadi Raja Wakanda, dia dihadapkan dengan kedatangan Erik Killmonger (Michael B. Jordan) yang ingin merebut tahta T'Challa. Erik Killmonger membantu Ulysses Klaue (Andy Serkis) yang telah menjadi buronan bertahun-tahun di Wakanda. Killmonger mengalahkan T'Challa dalam ritual adat.

Wakanda memiliki suku, ritual, dan adat yang membedakannya dengan negara lain. Pemerintahan sebelumnya percaya bahwa dengan tetap bersembunyi, Wakanda akan tetap aman. Erik yang baru saja menjadi raja membawa perubahan, yaitu mengirim senjata vibranium ke seluruh dunia. Membuka jati diri Wakanda yang sebenarnya ke seluruh dunia.

T'Challa kembali untuk merebut tahta meyebabkan terjadi peperangan antara Suku Perbatasan dan Dora Milaje (pasukan khusus Wakanda). Suku Jabari datang membantu pada Dora Milaje. Akhirnya T'Challa berhasil mengalahkan Killmonger. Wakanda pun akhirnya terbuka dengan dunia luar.

Nasionalisme

sumber : https://comicbook.com/marvel/news/watch-teacher-black-panther-Wakandan-salute/
sumber : https://comicbook.com/marvel/news/watch-teacher-black-panther-Wakandan-salute/
Selain CGI dan sinematografi yang bagus, terdapat pesan yang terkandung dalam film Black Panther. Ucapan khas yang akan selalu mengingatkan kita dengan film ini adalah 'Wakanda Forever' dengan gerakan khasnya. Kata tersebut selalu diucapkan oleh rakyat Wakanda, sebagai bentuk nasionalisme atas negaranya. 

sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
Seperti Okoye, rakyat Wakanda juga rela mati demi Wakanda. Mereka akan melakukan apa pun untuk melayani dan melindungi negaranya. Rasa kesatuan dapat kita lihat dengan jelas pada film ini.
Nasionalisme menurut Ryan dalam bukunya yang berjudul "An Introduction to Criticsm: Literature-Film-Culture", kepercayaan akan keunggulan bangsanya sendiri. Namun kaum nasionalis mengambil sikap defensif terhadap budaya, masyarakat, dan negara lain. Mereka menolak adanya percampuran budaya melalui arus migrasi orang melintasi perbatasan.


"If anyone found out what we truly are, what we possess... It could destroy the world"- T'Challa


Wakanda awalnya tetap pada cara lama untuk tetap menyembunyikan jati diri mereka. Mereka tidak terbuka dengan negara lain dan menolak pencampuran budaya. Wakanda sudah cukup makmur dengan teknologi dan kedamaian yang mereka miliki. Namun pada akhirnya, mereka sadar bahwa mereka tidak bisa terus hidup dalam bayang- bayang.

 

sumber : pinterest.com
sumber : pinterest.com
Jika kalian belum menonton Black Panther, kalian harus memasukkan film ini ke dalam list Must Watch kalian! Rating film ini cukup tinggi loh. Happy Watching.


VIDEO PILIHAN