Mohon tunggu...
Angela Gina
Angela Gina Mohon Tunggu... Comm '18

Enjoy my writing! Appreciate any feedback.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menelusuri Sejarah Media Online di India

21 September 2020   23:59 Diperbarui: 22 September 2020   00:41 35 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menelusuri Sejarah Media Online di India
Sumber: indiaprdistribution.com

Perkembangan media tentunya tidak terjadi di beberapa negara saja, melainkan terjadi secara global. India merupakan salah satu negara yang mengalami perubahan dari media analog menjadi media digital.India sudah mulai masuk ke dunia media sejak akhir abad ke-18.

Media cetak dimulai pada tahun 1780 sebagai awal dimulai hidupnya media India. Lalu diikuti dengan radio pada tahun 1972. Ini merupakan salah satu media tertua dan terbesar di dunia.

Media di India sudah bebas dan independen sepanjang sebagian besar sejarahnya, bahkan sebelum kerajaan di India didirikan oleh Ashoka Agung di atas kebenaran, keterbukaan, moralitas, dan spiritualitas

Perdana Menteri, Indira Gandhi, mengumumkan periode darurat pada tahun 1975 sampai dengan 1977. Periode darurat adalah periode singkat ketika media India dihadapkan pada potensi pembalasan pemerintah. Perdana Menteri memerintahkan kepada otoritas melalui aturan menurut dektrit untuk membolehkan pemilihan ditunda dan kebebasan sipil dibelenggu. Saat masa itu, lawan politik Gandhi ditahan dan pers disensor.

Pada tahun 2007, India memakai 99 juta eksemplar surat kabar sehingga menjadikan India sebagai pasar surat kabar tersebar di dunia. Pada tahun 2009, pengguna internet di India sebanyak 81.000.000 yaitu 7,0% dari populasi negara tersebut.

India menjadi negara terbesar ke-11 di dunia dalam penggunaan Internet broadband pada tahun 2010. Terdapat 7.570.000 orang India memiliki akses ke Internet broadband.

Media Massa di India

Sumber: india.mom-rsf.org
Sumber: india.mom-rsf.org
Pada Tahun 1780, James Augustus Hicky memulai The Bengal Gazzete. The Gazzete merupakan sebuah surat kabar dua lembar yang khusus dalam menulis tentang kehidupan pribadi para Sahib Kompeni. Hicky dijatuhkan hukuman penjara dan denda karena berani melancarkan serangan keji terhadap Gubernur Jendral.

Calcutta: B. Messink dan Peter Reed merupakan penerbit setia India Gazette. Pendiri kolonial memulai Calcutta Gazette diikuti oleh insiatif Bengal Journal. The Oriental Magazine of Calcutta Amusement merupakan majalah bulanan yang menjadi empat surat kabar mingguan dan satu majalah bulanan terbitan Calcutta, sekarang Kolkata.

Madras Chennai: Madras Courier di mulai pada tahun 1785 di benteng selatan Madras, sekarang Chennai. Pendirinya, Richard Johnson, adalah pencetak pemerintah. Madras mendapatkan surat kabar keduanya saat Hugh Boyd, yang merupakan editor Courier berhenti dan mendirikan Hurkaru.

Pesaing Courier muncul dengan berdirinya Madras Gazette (1795). Madras Courier ditunjuk sebagai penyedia informasi kepresidenan. Pada tahun 1878, Hindu didirikan dan menjadi peran penting dalam mempromosikan perjuangan kemerdekaan India dari penjajahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x