Mohon tunggu...
Angela Cicilia
Angela Cicilia Mohon Tunggu... Lainnya - -

-

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Gaya Hidup Frugal untuk Hidup Lebih Bermakna

8 Desember 2023   22:00 Diperbarui: 8 Desember 2023   22:31 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Frugal Living & Frugal Travel

Di tengah kilauan gaya hidup mewah yang kerap memikat, ada sebuah konsep yang merangkul keseimbangan kehidupan: Frugal Living. Frugal living merupakan gaya hidup yang memberdayakan individu untuk mengelola keuangan dengan bijak, mengutamakan kebutuhan esensial, dan menghindari kemewahan yang tidak perlu. 

Mengadopsi gaya hidup frugal merupakan sebuah perjalanan pribadi menuju keseimbangan antara kenyamanan dan hemat, di mana kepuasan berasal dari kebijaksanaan dalam setiap pengeluaran. Di dunia yang terbiasa mengejar tampilan kekayaan materi, frugal living memberi pelajaran berharga bahwa kemewahan sejati dapat ditemukan dalam kesederhanaan dan pengelolaan keuangan yang cerdas.

(Sumber: Dokumen Pribadi)
(Sumber: Dokumen Pribadi)
Pada sebuah seminar bertajuk Achieve Financial Balance Through Frugal Living yang diselenggarakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas Karyawan UPH, topik frugal living dibahas sebagai sebuah pilar penting dalam mencapai kestabilan finansial dan kesejahteraan hidup. Acara yang terdiri dari dua sesi ini menjadi wadah inspiratif bagi 61 peserta yang hadir dengan berbagai latar belakang berbeda.

Sesi pertama dibawakan oleh Giovanni R., Relationship Manager Bank BJB, yang memberikan tips dan trik yang diterapkannya dalam menjalani frugal living, yaitu hidup sesuai kebutuhan, memakai barang hingga nilai barang tersebut habis, mementingkan kualitas dibandingkan jumlah, dan menggunakan moto "tak kenal maka tak beli." Tidak lupa mengingatkan untuk tidak perlu khawatir terhadap pandangan negatif orang lain dan hindari perasaan "takut ketinggalan" atau Fear of Missing Out (FOMO) di dalam diri kita.

(Sumber: Dokumen Pribadi)
(Sumber: Dokumen Pribadi)
Menjalani frugal living bukan berarti membuat diri sendiri menjadi tidak nyaman dan tersiksa. Seorang Psikolog & Travel Blogger, Diana M Sani, berbagi pengalaman pribadinya pada sesi kedua. Ia menerapkan konsep frugal dalam perjalanan traveling-nya dengan cara mencari informasi jauh-jauh hari mengenai waktu dan tempat liburannya, bergabung di komunitas traveling seperti backpacker, dan berteman dengan orang yang memiliki value yang sama. 

Frugal travel menantang stereotip bahwa perjalanan yang memuaskan harus selalu mahal. Sebaliknya, frugal travel membuat kita bisa menikmati perjalanan tanpa mengocek kantong lebih dalam, belajar tentang kehidupan, nilai-nilai budaya, dan perspektif yang berbeda dari orang-orang yang dijumpai pada tiap destinasinya.

(Sumber: Dokumen Pribadi)
(Sumber: Dokumen Pribadi)

Fenomena Pinjaman Online (Pinjol) 

Kemudahan melakukan pinjaman sering kali membuat masyarakat Indonesia terlena. Menurut data Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (APFI), 60 persen pengguna pinjol menggunakan dana yang dipinjam bukan untuk memenuhi kebutuhan utama melainkan untuk memenuhi gaya hidup. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun