Mohon tunggu...
Angela Utari
Angela Utari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fakultas Hukum Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Siap Kawal Masyarakat Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 dengan Gerakan 5M

6 Agustus 2021   11:46 Diperbarui: 6 Agustus 2021   12:02 65 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Siap Kawal Masyarakat Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 dengan Gerakan 5M
Dok. pribadi

Sleman (06/08/2021) - Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (yang selanjutnya disingkat UNDIP) dilaksanakan pada 30 Juni 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021. KKN kali ini merupakan KKN Pulang Kampung, disebut demikian karena KKN dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa UNDIP di kampung halaman mereka masing-masing sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Angela Utari selaku mahasiswa KKN Tim II UNDIP di Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman telah berhasil melaksanakan program kerja KKN berupa sosialisasi Pembinaan Protokol Kesehatan: Cari Tahu, Cegah, dan Lawan Covid-19! Jaga Dirimu Lindungi Keluargamu. Program kerja tersebut merupakan program kerja pertama dengan tema Covid-19 yang dilaksanakan di Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman dengan target peserta warga RT 02 RW 11 Toglengan. Pembinaan protokol kesehatan kepada warga ini dipilih sebagai program kerja KKN karena masih minimnya sumber informasi yang diperoleh Β warga serta kurangnya kesadaran dan kewaspadaan diri terhadap virus corona. Tujuan dari adanya program kerja ini agar masyarakat mendapatkan edukasi yang tepat guna bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru khususnya pada tempat-tempat dimana terjadinya pergerakan orang, interaksi antar manusia dan berkumpulnya banyak orang.

Berdasarkan surat edaran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNDIP nomor 3303/UN7.6.1/TU/2021 perihal kebijakan pelaksanaan KKN secara daring (online) maka pelaksaksanaan program kerja ini dilakukan secara daring dengan mengirim brosur dan poster digital serta berdiskusi melalui media aplikasi Whatsapp yang diikuti oleh perwakilan warga. Pembinaan protokol Kesehatan ini kemudian dilanjutkan dengan pembagian New Normal Kit yang berisi masker kain, masker medis, hand sanitaizer, tissue, sabun, dan brosur cetak kepada warga RT 02 RW 11.

Dalam program sosialisasi ini, mahasiswa KKN TIM II UNDIP menyampaikan materi mengenai pentingnya menerapkan Gerakan 5M dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Gerakan 5M terdiri dari:

  1. Memakai masker,
  2. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,
  3. Menjaga jarak,
  4. Menjauhi kerumunan, serta.
  5. Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Selain melalui media Whatsapp tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP juga menyebar luaskan informasi dengan menempelkan poster cetak di papan pengumuman serta memasang banner Gerakan 5M di beberapa titik di desa KKN agar warga senantiasa menginat dan menerapkan protokol kesehatan dan juga Gerakan 5M dalam kegiatan sehari-hari.

Program kerja ini mendapatkan feedback yang positif dari warga RT 02 RW 11 Toglengan. Dengan terselesaikannya program kerja ini, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP sangat berharap agar masyarakat semakin sadar untuk mau ambil bagian dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 agar negara kita segera terbebas dari pandemi ini.

Angela Utari C -- FH Undip

Dosen Pembimbing: dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D

Desa Sendangarum, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman

KKN TIM II UNDIP 2021

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x