Mohon tunggu...
Anggita Alva
Anggita Alva Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Harian

明るい人です🌸

Selanjutnya

Tutup

Healthy

8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

9 Februari 2024   14:09 Diperbarui: 10 Februari 2024   16:52 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pinterest (https://pin.it/1E0eqlUCc)

Buah pepaya dikenal memiliki manfaat yang sangat ampuh dalam melancarkan pencernaan dan BAB.
Namun selain itu, buah pepaya juga memiliki ribuan manfaat lainnya yang mungkin belum kita ketahui.
Buah pepaya merupakan jenis tanaman yang banyak dipelihara dan sering sekali kita jumpai disetiap pekarangan rumah maupun di perkebunan.

Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam buah pepaya :

1. Menguatkan Sistem Imun
Buah pepaya mengandung vitamin A, C dan E. Selain itu, dalam buah pepaya juga mengandung senyawa beta karoten yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, buah pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya mampu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam pada kulit.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Buah pepaya mengandung zeaxanthin yang cukup tinggi. Zeaxanthin merupakan salah satu jenis kandungan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan mata.
Selain itu dalam buah pepaya juga mengandung beta karoten, lutein, dan vitamin A yang dapat membantu melembabkan mata dan makula.

4. Memelihara Kesehatan Rambut
Buah pepaya mengandung vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk produksi sebum, yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga baik untuk pertumbuhan semua jaringan dalam tubuh, termasuk kulit dan rambut.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin C dan likopen yang terdapat dalam buah pepaya menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah pepaya juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan vitamin K yang terdapat dalam buah pepaya dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kurangnya asupan vitamin K dapat dengan mudah menyebabkan patah tulang pada tubuh. Vitamin K sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium, sehingga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat.

7. Membantu Menurunkan Kolesterol
Kandungan antioksidan, flavonoid dan serat yang terkandung dalam buah pepaya dapat membantu dalam proses akumulasi kolesterol atau plak di arteri.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah pepaya mengandung banyak serat namun rendah kalori, sehingga dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu dalam proses pencernaan lemak, sehingga sangat baik di konsumsi saat sedang diet.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun