Mohon tunggu...
Anfassa WidyawanYahya
Anfassa WidyawanYahya Mohon Tunggu... Learn from the past live for today ardently , and keep having work for future

Happines is a choise

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menjadikan Dunia sebagai Ladang Amal untuk Meraih Kehidupan yang Kekal

29 November 2020   06:14 Diperbarui: 29 November 2020   07:07 72 1 1 Mohon Tunggu...

Saudaraku ....

Dunia adalah tempat kehidupan bagi manusia , tempat dimana manusia bisa berintraksi dengan sesama mereka , tempat dimana manusia melakukan semua aktivitas mereka , baik dunyawi ataupun ukhrowi , baik dalam ketaatan ataupun kemaksiatan . Allah menjelaskan hakikat dunia di dalam firman-Nya :

" ketahuilah , bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan , perhiasan dan bermegah megah antara kamu serta berbangga bangga terhadap banyaknya harta dan anak . Seperti hujan yang tanaman tanamannya  mengagumkan para petani , kemudian tanaman itu menjadi kering , dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur . dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridoannya . Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu . ( Q.S : Al -- hadid : 20).

Dunia itu seperti ular , gerak geriknya menawan , akan tetapi racunnya mematikan.  Dunia itu fana, di dalamnya terdapat godaan --godaan untuk menjerumuskan manusia ke dalam jurang kemaksiatan , kecuali orang orang yang hatinya teguh dalam ketaata kepada Allah mengerjakan apa yang di perintahkan dan menjauhi apa yang dilarang nya .

Saudaraku.....

Akan tetapi , dunia juga tempat yang Allah berikan untuk di jadikan manusia sebagai ladang amal mereka untuk menuju kehidupan yang kekal ( akhirat) , ladang yang selalu mereka rawat sehingga menghasilkan tanaman yang berkualitas , merekalah orang orang yang hatinya teguh dalam ketaaatan kepada Allah  , mereka beramal semata mata mencari ridho Allah . Allah swt menjelaskan di dalam firmannya bahwasannya dunia juga ladang amal bagi para hamba hambanya , di dalam Surah al -- munafiqun : 10-11 , Allah berfirman : " dan infakanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu , lalu ia berkata (menyesal) : "Wahai tuhanku , sekiranya engkau berkanan menunda kematianku sedikit waktu lagi , maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang orang yang saleh . "- dan Allah sekali kali tidak akan menunda kematian seseorang apabila waktu kematiannya telah datang . Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan ."

Saudaraku .....

Betapa sangat pentingnya sebuah amalan amalan sholih itu bagi kita , karena ialah yang akan menjadi teman kita kelak ketika menghadap Allah SWT , manjadikan wasilah dan hujjah bagi kita untuk masuk ke dalam syurganya Allah SWT

Tapi, yang palling berat bagi kita wahai saudaraku, bagaimana cara kita menjaga amalan amalan sholih kita sehingga Allah SWT tidak membatalkan dan menghancurkan amalan amalan yang sudah kita kerjakan di karenakan ulah kita sendiri .

Saudaraku .....

Terkadang kita merasa bahwa kita telah melakukan banyak amalan amalan yang Allah SWT perintahkan kepada kita , namun disisi lain , kita tidak menyadari bagaimana cara kita untuk selalu menjaga amalan amalan tersebut sehingga Alllah AWt tidak membatalkannya . ketahuilan wahai saudaraku , banyak perkara perkara yang dapat membatalkan amalan amalan kita , salah satu penyebab pembatal amal amalan sholih adalah "orang yang mempunyai rasa ujub  ".

Mereka orang orang yang bangga dan sombong dengan apa yang telah mereka perbuat, ketika sholat tahajjud, mereka bangga dengan tahajjud nya, ketika puasa mereka bangga dengan puasanya , ketika berhasil menghafal qur'an , mereka bangga dengan hafalannya , tanpa mau mengakui bahwa Allah lah yang telah memberikan kekuatan kepada mereka untuk bisa melakukan kataatan tersebut . Baginda Rosulullah SAW bersabda :   :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x