Mohon tunggu...
Anezka Shafa Humaira
Anezka Shafa Humaira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Pengaruh Berbisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Finansial di masa Pandemi Covid-19

23 Oktober 2021   00:13 Diperbarui: 23 Oktober 2021   00:32 194 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Foto: Freepik

Siapa, sih, yang gak pengen menghasilkan uang apalagi di zaman susah sekarang? Seperti yang sudah kita ketahui di masa pandemik covid 19 ini banyak sekali tenaga kerja yang terkena PHK karena kurangnya pemasukan sehingga mau tidak mau para pekerja harus rela kehilangan pekerjaannya.

Ada sebagian wanita yang mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaannya karena tidak digaji lagi dan berakhir di rumah saja mengurus anaknya tetapi ada kalanya seorang wanita atau ibu rumah tangga merasa bosan karena kegiatan yang dilakukan di rumah hanya itu-itu saja, tidak memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, lalu terbesit untuk melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat dan dapat menghasilkan uang lagi.

Di zaman sekarang perkembangan teknologi dan internet sudah berkembang sangat pesat, tidak perlu lagi bersusah payah mencari informasi di koran atau majalah, hal ini memungkinkan ibu rumah tangga untuk bekerja dan menghasilkan uang sembari menghabiskan waktunya di rumah. Salah satu caranya yaitu adalah berbisnis online, karena dianggap mudah dan juga simple.

Dengan berbisnis, ibu rumah tangga bisa melakukan kegiatan selain mengurus rumah dan keluarga sehingga menjadi lebih produktif dan memiliki penghasilan sendiri jadi tidak hanya bergantung pada orang lain. Lalu kebanyakan ibu rumah tangga sekarang itu lebih mahir berjualan online karena dipengaruhi juga oleh kebiasaan mereka berbelanja di toko online. 

Begitu pula dengan Devi, berawal dari wanita karir yang memilih untuk meninggalkan pekerjaannya karena terkena dampak covid 19 sehingga Ia sekarang memutuskan berbisnis online untuk menambah penghasilannya sehari-hari.

-6172f58f06310e07c331b323.jpeg
-6172f58f06310e07c331b323.jpeg
Foto: Dok Pribadi Devi

"Awal mula memulai bisnis online itu karena iseng aja daripada tidak ada kerjaan, terus kedua pas cek toko itu ada pembeli terus saya langsung merasa antusias karena ada pembeli pertama akhirnya lebih memberanikan diri untuk stok barang lebih banyak" Ucap Devi.

Berawal dari iseng hingga sekarang produk yang Ia tawarkan sudah tersedia di beberapa toko seperti lazada, tokopedia dan shopee, produk yang Devi jual di online shop itu skincare karena setelah melihat prospeknya itu menjual skincare lebih menguntungkan, meskipun di masa pandemik ini kan pasti wanita masih membutuhkan skincare sampai akhirnya produk itu cocok dan dapat diterima oleh para pembeli online.

"Keuntungan lumayan sih kalau minimal saja kita sehari ada orderan 2-3 barang kalau 1 barang 20.000 itu udah 60.000, Cuma kalau jualan online resikonya itu ongkirnya ditanggung oleh kita jadi kalau misalnya keuntungan 20.000 ya kita dipotong ongkir juga dari aplikasi itu" Ujarnya.

Untuk merintis bisnis online memanglah tidak mudah karena pasti banyak resiko yang akan diterima maka dari itu sebelum membuka bisnis online harus lihat kemampuan diri sendiri dan memiliki sikap berani mengambil resiko karena pasti akan banyak tantangan kedepannya nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan