Mohon tunggu...
andy liu
andy liu Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Anti Narkoba di Kalangan Sekolah

12 Mei 2019   14:00 Diperbarui: 12 Mei 2019   14:07 0 0 0 Mohon Tunggu...
Anti Narkoba di Kalangan Sekolah
Dokpri

Sering kali kita mendengar tentang narkoba di manapun, terutama paling banyak mendengar penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya, istilah lain yang di perkenakan untuk narkoba adalah Napza, Napza merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Perilaku penyalahgunaan narkoba ini sudah masuk dan menyebar di kalangan masyarakat Indonesia terutama di kalangan remaja, karena itu kami, mahasiswa Universitas Internasional Batam dari kelas 2GAME melakukan kegiatan observasi ke SMKS Harmoni yang bertempat di Bengkong, untuk menginvestigasi pengetahuan dasar para siswa-siswi SMK Harmoni tentang penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan observasi ini kami lakukan dengan 3 tahap, tahap pertama yang kami lakukan adalah memberikan selembar kertas yang berisi gambar-gambar narkoba untuk menguji pengetahuan dasar siswa-siswi tentang narkoba , ternyata di dalam seluruh siswa tersebut cuman 30% dari mereka kurang lebih mengetahui narkoba itu apa.

Tahap kedua kami mengambil dua siswa dari siswa-siswi tersebut untuk melakukan sesi wawancara, pertanyaan kami berisi tentang akibat penyalahgunaan narkoba dan hasil dari wawancara tersebut juga lumayan baik. Setelah kami melakukan tahap-tahap sebelum nya ketiga tahap yang kami lakukan adalah menjelaskan apa itu narkoba, dan gambar-gambar yang ada di kertas itu merupakan jenis narkoba apa.

Ada beberapa cara untuk mencegah kita dari penyalahgunaan narkoba, yang pertama adalah memiliki pengetahuan dasar tentang narkoba yang banyak, dan akibat-akibat penyalahgunaan narkoba bagi masa depan kita maupun negara kita. Kedua adalah tidak memakan makanan yang di kasih oleh orang yang tidak kenal, nah ini penting bagi anak-anak yang masih bersekolahan, narkoba itu bisa bermacam-macam bentuk, narkoba dalam bentuk permen sudah menyebar di kalangan sekolah, itu sangat berbahaya sekali bagi anak-anak yang merupakan penerus bangsa kita.

Yang ketiga adalah yang paling penting adalah Menanamkan nilai-nilai Pancasila maupun Agama sejak dini, mengetahui nilai-nilai Pancasila ataupun Agama sangatlah penting, karena ajaran Pancasila dan Agama telah mencakup semua nilai moral maupun etika di dalam kehidupan kita, dengan mengetahui nilai-nilai tersebut maka siswa-siswi akan terhindar dari derasnya arus modernisasi yang berdampak negatif.

Dengan tulisan ini yang kami buat, kami berharap bisa menurunkan persentase penyalahgunaan narkoba di negara Indonseia sebanyak-banyaknya. Jangan pernah mencoba narkoba, karena narkoba menuntun anda ke neraka, Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhimu.

*Tulisan ini merupakan tugas dari mahasiswa UIB kelas 2GAME.