Mohon tunggu...
andry tan
andry tan Mohon Tunggu...

Praktisi dan Web Developer online Jewelry, Tour Travel dan Retail http://andrytan.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Bedanya ECommerce Jewelry dengan Jual Online yang Lain? Part 2

2 November 2016   19:13 Diperbarui: 2 November 2016   19:22 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ini adalah kelanjutan dari artikel saya yang terdahulu, tentang  bedanya eCommerce Jewelry dengan Toko Online yang lain.

Jewelry adalah produk custom, seperti misalnya cincin kawin, variasi harga tergantung pada jumlah cincin, apakah sepasang atau hanya 1, ukuran cincin, ukuran berlian jika memang terdapat pilihan ukuran berlian yang lain. Dan terlebih masalah harga itu tergantung kepada nilai kurs dollar dan harga emas yang berubah.

Untuk produk yang beragam jenis, tentu akan menyulitkan bisa menggunakan sistem eCommerce yg umum, dimana perubahan variasi hanya mempengaruhi penambahan atau pengurangan terhadap harga pokok, dimana seharusnya harga tersebut adalah kalkulasi dari harga bahan, harga berlian, harga batu mulia, harga pengerjaan dan faktor lain sebagainya.

Begitu juga dengan promosi, seperti diskon, diskon saja dengan batas tanggal tertentu tentu tidak menarik. Akan lebih menarik jika diskon dengan kondisi tertentu, misalnya diskon 50% dengan syarat pembelian cincin kawin berbahan emas, tidak berlaku untuk palladium dan perak dan harus pembelian sepasang.  Diskon bersyarat yang diimplementasi ke dalam sistem itu tentu lebih menarik dan bervarisi  dibanding sama dengan diskon yang rata.

Terima kasih telah mampir membaca..