Mohon tunggu...
andry tan
andry tan Mohon Tunggu... Praktisi dan Developer eCommerce Jewelry, Tour Travel dan Retail

Praktisi dan Web Developer online Jewelry, Tour Travel dan Retail http://andrytan.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Internet sebagai Sarana Marketing Usaha Anda

4 Mei 2016   09:14 Diperbarui: 4 Mei 2016   12:14 54 2 1 Mohon Tunggu...

Semakin lama, pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, terlebih dengan adanya pengumuman dari DirJen Pajak bahwa pembayaran pajak tahun masa sudak tidak bisa lagi manual, harus dengan menerbitkan eBilling Pajak.

Dengan adanya eBilling Pajak, maka Pemerintah Indonesia mendorong Masyarakat Indonesia untuk melek internet dan menjadi pengguna internet. Dengan arti kata, semua masyarakat Indonesia adalah pengguna Internet.

Dari semula Market Internet yang adalah kalangan tertentu, maka kini Market Internet sudah global, semua punya alamat email. Hampir semua Masyarakat Indonesia memiliki Smart Phone karena harga Smart Phone yang semakin murah dan terjangkau.

Bagaimana dengan strategi marketing sendiri? Sejak semula internet ada, Internet Marketing sudah merambah lewat media sosial. Sekarang sejak dengan meluapnya pengguna internet, tentu Strategi Marketing menjadi semakin luas lagi. Tidak hanya sebatas Wilayah Indoonesia saja, namun sudah merambah ke Dunia Internasional.

AFTA 2015 juga membawa dampak tersendiri bagi Perekonomian di Indonesia. Dengan masuknya investor asing akan berakibat naiknya harga Property. Secara tidak langsung akan berdampak seperti itu. Hal tersebut telah dirasakan oleh negara tetangga Australia. Dimana para Investor Cina yang tinggal di Australia mengakibatkan harga property di Australia menjadi melambung.

Dengan naiknya harga property, strategi pengembangan marketing sudah tidak masuk akal lagi dengan menambah jumlah toko offline. Internet Marketing adalah salah satu solusi yang bisa diharapkan. KIta masih ingat bagaimana Traveloka.com membuat para pebisnis tiket domestic mengalami penurunan omset yang kabarnya sampai 40%.  Bisnis online merupakan solusi yang efisien, dari segi tempat usaha, jumlah tenaga kerja dan jangkauan wilayah. Tentu kita tau bahwa bisnis tiket domestic seperti KAHA tour akan mengalami dampak yang drastis dmana mereka memiliki banyak outlet.  Sejak ini KAHA tour mulai membangun bisnis online mereka dengan  goindonesia.com.

eCommerce sudah bukan opsi lagi, tapi sudah merupakan keharusan. eCommerce Website   sudah merupakan keharusan bagi suatu usaha untuk memasuki Internet Marketing ini. Kenapa? Dengan adanya Website, tentu pemilik bisnis akan bebas melakukan promosi dan mengekspresikan usahanya.

Beberapa tips untuk meningkatkan pemasaran di Internet :

1. Buatlah website usaha anda. Anda dapat menghubungi  Jasa Retail ECommerce Developer Specialist, atau Jasa Pembuatan Website atau Toko Online.

2. Buatlah website anda sedetil mungkin. Anggaplah dihadapan anda adalah pelanggan anda. Ceritakan semua tentang produk anda. Buatlah calon pelanggan anda mengerti produk anda. Sehingga mereka dapat membuat keputusan dengan tepat. Dan calon pelanggan anda mengenali bahwa Anda adalah ahlinya bukan hanya satu penjual dari seribu.

3. Alamat Jelas. Tentu dalam website anda tertera alamat jelas, alamat usaha anda. Kenapa? Ini berhubungan dengan kepercayaan pelanggan. Bila anda tidak mencantumkan identitas anda, tentu para pelanggan akan bertanya-tanya tentang kredibilitas usaha anda. Bila mereka komplain, mereka tau tempat usaha anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN