Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... apa yang kutulis tetap tertulis..

yang enteng-enteng aja...

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Brand Ambassador: Antara Reputasi, Produk, dan Bisnis

22 Mei 2020   20:22 Diperbarui: 23 Mei 2020   08:58 265 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Brand Ambassador: Antara Reputasi, Produk, dan Bisnis
Ilustrasi: Nike Official / nike.com

Alkisah dalam legenda Yunani, Medusa adalah seorang wanita cantik sebelum dikutuk oleh Athena menjadi mahluk berambut ular. Kecantikannya memikat Poseidon sang Dewa Laut. 

Kisah berlanjut akibat kejadian tersebut Medusa harus menanggung kutuk karena dianggap menyeretnya kepada perbuatan tabu. Daya tarik Medusa dikisahkan sangat terkenal bahkan membuat mahluk dewata seperti Poseidon turut menaruh perhatian.

Tak dapat dipungkiri jika daya tarik merupakan suatu nilai tambah yang dimiliki seseorang, banyak faktor membuat seseorang memiliki daya tarik. Bisa karena penampilan fisik seperti kecantikan wanita, kecerdasan ataupun kemampuan khusus yang membedakan dari orang lain.

Beberapa hari ini jagat maya di Indonesia tengah ramai membahas sosok seorang wanita setengah baya, karena penampilannya di akun media sosial, sosok tersebut mendadak populer dan menjadi sorotan publik, padahal sebelumnya nihil publikasi media mengenai dirinya.

Wanita tersebut mengaku memperoleh banyak direct message, sekadar menyapa atau menawarkan jasa endorsement. Wajar, namanya yang tengah viral ikut menarik pihak tertentu dan berminat untuk menjadikannya sebagai media promosi produk atau jasa.

Ilustrasi: buzzpromotions.com
Ilustrasi: buzzpromotions.com
Dalam strategi bisnis, promosi merupakan upaya dari produsen mendekatkan produknya kepada publik. Berbagai metode komunikasi dapat digunakan, salah satunya adalah menggunakan jasa brand ambassador sebagai figur untuk melakukan endorsement.

Dan melalui maraknya media sosial di era digital seperti saat ini, cara tersebut sangat mudah ditemui, bahkan banyak para influencer dadakan secara asal-asalan juga turut menawarkan jasa endorsement ini.

Namun menjadi brand ambassador profesional bukan perkara mudah, modal terkenal dan memiliki daya tarik tidak dapat begitu saja menjadi brand ambassador, di sisi lain perusahaan selaku pemilik merek sangat mempertimbangkan layak tidaknya menggunakan brand ambassador bagi produk unggulannya.

Apa Itu Brand Ambassador? Apa Itu Endorsement?
Jasa brand ambassador digunakan oleh perusahaan untuk mendorong dan menghadirkan suatu produk dengan tujuan agar masyarakat dapat membeli serta menjadi konsumen loyal.

Figur yang dipilih pun latar belakangnya beragam profesi bisa bintang film, atlet maupun tenaga profesional tertentu yang dinilai memenuhi kriteria melakukan endorsement produk.

Menurut Lea Greenwood, brand ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x