andry natawijaya
andry natawijaya apa yang kutulis, tetap tertulis

yang enteng-enteng aja...

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Dampak Analisa Perilaku Pengguna Internet Berdasarkan Data

9 Mei 2018   21:41 Diperbarui: 10 Mei 2018   04:17 2692 1 0
Dampak Analisa Perilaku Pengguna Internet Berdasarkan Data
Sumber: monitis.com

Perkembangan peradaban dari setiap masa memang telah membawa perubahan, tak terkecuali perkembangan teknologi yang kian canggih. Saat ini penggunaan komputer dan internet semakin terasa penting dan tidak dapat dielakan lagi. Banyak hal dan informasi yang dapat diperoleh melalui internet. Kebutuhan manusia akan informasi mejadi lebih mudah dipenuhi.

Dunia tanpa batas, tanpa jarak, nampaknya itulah kondisi realita kehidupan saat ini, kondisi di mana dengan kecanggihan teknologi segala sesuatu seakan dapat dilakukan seketika. Kemajuan teknologi memang mendorong terjadinya perubahan dalam kehidupan manusia.

Ditemukan dan digunakannya mesin sebagai pengganti proses manual, kemudian beralih kepada penggunaan komputer, berlanjut ke era internet sampai akhirnya manusia dihadapkan pada sebuah era yang disebut era digital. Sebuah era di mana data menjadi sebuah komponen dalam menentukan sesuatu.

Jika pada era pra internet, kebutuhan informasi hanya dapat ditemukan melalui literatur tertulis dengan media kertas, dan proses untuk pencariannya juga membutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah.

Berkat internet dan mesin pencari, semua informasi cukup diketikan kata kuncinya dan tekan enter, maka pada monitor komputer akan muncul berbagai informasi sesuai dengan kata kunci, kita hanya tinggal memilahnya sesuai kebutuhan.

 Semuanya dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Ya, tentu saja efisien karena mesin pencari merupakan sarana yang diperuntukkan bagi semua pihak dengan gratis, asalkan perangkat yang digunakan dapat terkoneksi melalui internet. Yang perlu dilakukan jika kita membutuhkan fitur dengan fungsi lebih optimal adalah dengan melakukan registrasi pada akun tertentu.  Sedemikian mudah, praktis dan efisien.

Rekam Jejak Data

Sesungguhnya ketika kita menggunakan internet dan mesin pencari sebagai media, kita laksana berjalan dan meninggalkan jejak langkah yang terlihat dengan jelas. Semua langkah dan arah yang ditempuh dapat diketahui oleh pihak pengendali atau administrator.

Sekarang adalah era media sosial, atau setidaknya hampir semua orang saat ini memiliki e-mail. Tentunya kita semua menyadari ketika melakukan registrasi untuk membuka akun, kita harus memasukan data-data yang dibutuhkan.

Biasanya terdiri dari nama, tanggal lahir, jenis kelamin, negara, biasanya itulah data awal yang dibutuhkan. Terkadang ada juga pertanyaan yang bersifat pribadi guna membedakan dan mengetahui bahwa akun tersebut digunakan oleh penggunanya langsung.

Sumber: dataversity.com
Sumber: dataversity.com
Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi, penggunaan berbagai akun pun semakin banyak, tentunya kita diharuskan juga memberikan berbagai data informasi. Di samping data pribadi dasar yang telah disebutkan, tak jarang juga kita harus mencantumkan nomor telepon, alamat, nomor identitas. Dengan demikian kita sudah meninggalkan rekam jejak data kepada administrator secara sangat rinci.

 Sebagai timbal baliknya, kita dapat menggunakan berbagai fitur yang disediakan melalui akun atau aplikasi tersebut, secara gratis atau ada juga dengan berbayar, tergantung pilihan kita masing-masing. Tetapi pada dasarnya data pribadi kita telah diserahkan dan kita percayakan kepada administrator. Itu baru dari aspek data pribadi.

Banyak hal dapat ditelusuri di internet, kita dapat mencari informasi apapun. Tanpa ada batasan. Tetapi segala hal yang kita telusuri semuanya diketahui dan disimpan oleh administrator. Mereka melihat dan memperhatikan secara seksama bagaimana kita melakukan penelusuran berikut penggunaan informasi. Dan tentunya administrator juga memiliki rekam jejak data hasil penelusuran tersebut.

Jika kita dalam satu hari melakukan seratus kali penelusuran dan akses media melalui internet, maka seluruh aktivitas kita dalam satu hari tersebut akan tersimpan dalam rekam jejak milik administrator. Sehingga jika pengguna internet saat ini sekitar 3,8 miliar jiwa, dapat dibayangkan betapa banyaknya rekam jejak yang dimiliki administrator.

Ketika administrator telah memiliki data pribadi kita, lantas kemudian mereka juga mengetahui semua aktivitas kita di internet, dengan kombinasi kedua hal tersebut, administrator sesungguhnya dapat mengenal dan menganalisa kita semua dengan seksama.

Analisa Berdasarkan Rekam Jejak Akses Data

Mungkin selama ini kita merasa dengan keberadaan internet, segala urusan dan kebutuhan kita semakin dipermudah. Setiap individu manusia mendapatkan manfaat dari berbagai hasil penelusuran dan pencarian melalui internet, di mana internet dan berbagai aplikasi lainnya dapat memberikan rekomendasi untuk mencari solusi semua masalah.

Sumber: triplepundit.com
Sumber: triplepundit.com
Tetapi dari perspektif administrator, mereka sesungguhnya selain melakukan perekaman jejak kita, mereka juga menganalisa seluruh aktivitas pengguna internet, kemudian mereka juga memperoleh banyak hal dari hasil analisa tersebut, bahkan berdampak sangat besar bagi kehidupan manusia.

Pemetaan Demografi

Administrator mempelajari semua perihal penggunaan internet dan aksesnya. Dari data dan aktivitas akses setiap individu administrator dapat menganalisa perilaku dan gaya hidup para penggunanya.

Intinya adalah melalui data yang kita akses, maka kita secara tidak sadar telah menceritakan dan menggambarkan siapa kita dan kondisi kita kepada administrator. Dan mereka memiliki data berikut informasi dari setiap pengguna internet dengan akurat.

Bersumber dari data-data aktivitas yang dilakukan setiap individu, kemudian administrator memetakan dengan skala lebih besar. Dengan serangkaian metode dan kecanggihan teknologi akhirnya mereka melakukan pemetaan demografi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2