Mohon tunggu...
Andriyanto
Andriyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Jika kamu tak menemukan buku yang kamu cari di rak, maka tulislah sendiri.

- Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh - Rasa bahagia dan tak bahagia bukan berasal dari apa yang kamu miliki, bukan pula berasal dari siapa dirimu, atau apa yang kamu kerjakan. Bahagia dan tak bahagia berasal dari pikiran kamu sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tablet Emerald: Sumber Pengetahuan Tertinggi Alam Semesta

24 November 2023   07:00 Diperbarui: 24 November 2023   07:12 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: The Legendary Emerald Tablet and its Secrets of the Universe | Ancient Origins (ancient-origins.net) 

Apakah kamu pernah mendengar tentang tablet emerald? Tablet emerald adalah sebuah teks kuno yang berisi rahasia tentang prima materia, yaitu bahan dasar dari segala sesuatu yang ada di alam semesta. Teks ini sangat dihormati oleh para alkemis Islam dan Eropa sebagai landasan seni dan tradisi mereka yang disebut Hermetik. Hermetik adalah ilmu yang mencoba memahami dan mengubah sifat-sifat benda, terutama untuk mencapai transmutasi logam biasa menjadi emas atau batu filosofis, serta keabadian atau kehidupan panjang.

Tablet emerald sangat penting karena dianggap sebagai sumber pengetahuan tertinggi tentang alam semesta, manusia, dan Tuhan. Teks ini mengandung prinsip-prinsip filosofis dan spiritual yang berkaitan dengan korespondensi mikrokosmos dan makrokosmos, kesatuan segala sesuatu, dan cara mencapai kesempurnaan atau penyatuan dengan Tuhan. Teks ini juga menginspirasi banyak karya sastra, seni, dan budaya populer, seperti novel Harry Potter and the Philosopher's Stone karya J.K. Rowling.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang tablet emerald, sejarahnya, isinya, dan pengaruhnya. Mari kita mulai!

Sejarah Tablet Emerald

Sumber asli dari tablet emerald tidak diketahui, tetapi nama Hermes Trismegistus ditulis sebagai penulisnya. Hermes adalah dewa kebijaksanaan dalam mitologi Yunani yang dianggap sama dengan Thoth, dewa kebijaksanaan Mesir kuno. Emerald tablet juga dikenal dengan nama Tabula Smaragdina atau Smaragdine Tablet.

Tablet emerald telah ditemukan dalam berbagai karya Arab kuno dalam versi yang berbeda. Versi tertua ditemukan sebagai lampiran dalam sebuah risalah yang diyakini ditulis pada abad ke-9, yang dikenal sebagai Kitab Sirr al-Halika atau Buku Rahasia Penciptaan.

Tidak ada catatan sejarah yang dapat memastikan keberadaan atau keaslian tablet tersebut. Beberapa sumber mengklaim bahwa tablet itu pernah ditemukan di sebuah makam di bawah patung Hermes di Tyana, Yunani, tetapi tidak ada bukti yang mendukung klaim ini. Ada juga versi lain yang mengatakan bahwa tablet itu dibuat oleh orang-orang Arab pada abad keenam atau ketujuh masehi, berdasarkan teks-teks Hermetik yang lebih tua.

Namun, tidak ada salinan asli dari tablet itu yang masih bertahan hingga sekarang. Yang ada hanyalah terjemahan-terjemahan dari bahasa Arab ke bahasa Latin, Inggris, dan lain-lain.

Isi Tablet Emerald

Isi dari tablet emerald dapat dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun