Mohon tunggu...
Andriyanto
Andriyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Jika kamu tak menemukan buku yang kamu cari di rak, maka tulislah sendiri.

- Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh - Rasa bahagia dan tak bahagia bukan berasal dari apa yang kamu miliki, bukan pula berasal dari siapa dirimu, atau apa yang kamu kerjakan. Bahagia dan tak bahagia berasal dari pikiran kamu sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Aswang: Hantu Paling Ditakuti di Filipina

18 November 2023   07:00 Diperbarui: 18 November 2023   08:23 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Aswang - Mythical Creature from Philippine | Mythology.net

Apakah kamu pernah mendengar tentang aswang? Aswang adalah sebutan untuk berbagai makhluk jahat yang dapat berubah bentuk dalam cerita rakyat Filipina, seperti vampir, ghoul, penyihir, penghisap jeroan, dan hibrida manusia-binatang yang berubah bentuk (biasanya anjing, kucing, babi). Aswang adalah hantu yang paling ditakuti di Filipina, bahkan sejak abad ke-16. Aswang memiliki kemampuan untuk menyamar sebagai orang biasa pada siang hari, tetapi berubah menjadi bentuk yang menyeramkan dan pergi berburu mangsa manusia pada malam hari, lebih suka menyantap anak-anak dan wanita hamil di atas segalanya. Aswang juga dapat mengubah penampilan benda lain, seperti bahan tanaman menjadi kembaran dari salah satu korbannya, untuk menyembunyikan bukti kejahatan mereka. Aswang sering muncul di pemakaman atau di samping wanita hamil untuk makan. Aswang menggunakan trik vokal jahat untuk menyamar dan membingungkan korbannya, membuat panggilan mereka lebih tenang saat mereka semakin dekat. Aswang suka menyantap mayat, janin, dan anak-anak kecil. Mereka menggunakan lidah mereka yang mirip probosis untuk menghisap darah dari korbannya atau menghisap janin dari rahim wanita hamil.

Dari mana asal aswang? Mengapa mereka menjadi begitu populer di Filipina? Bagaimana mereka mempengaruhi budaya dan kehidupan sehari-hari di Filipina? Apakah ada bukti nyata tentang keberadaan mereka? Dalam artikel ini, kita akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan menggunakan data yang diperoleh dari hasil pencarian web Bing.

Asal Usul Aswang

Asal usul aswang tidak diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa teori yang mencoba menjelaskannya. Salah satu teori adalah bahwa aswang berasal dari kata Sanskerta asura, yang berarti iblis. Teori ini didukung oleh fakta bahwa banyak kata-kata dalam bahasa Filipina yang berasal dari bahasa Sanskerta, seperti karma, mantra, guru, dan lain-lain. Teori ini juga mengaitkan aswang dengan makhluk-makhluk jahat dalam mitologi Hindu, seperti rakshasa, bhuta, dan pisacha, yang juga dapat berubah bentuk dan memangsa manusia.

Teori lain adalah bahwa aswang adalah hasil dari pengaruh budaya Hindu, Islam, dan Kristen di Filipina, yang mencampurkan elemen-elemen dari mitologi dan kepercayaan yang berbeda. Teori ini didasarkan pada fakta bahwa Filipina adalah negara yang multikultural dan multireligius, yang telah mengalami berbagai kontak dan konflik dengan bangsa-bangsa lain, seperti India, Arab, Cina, Spanyol, Amerika, dan Jepang. Teori ini juga menunjukkan bahwa aswang memiliki kesamaan dengan makhluk-makhluk jahat dalam cerita rakyat dari negara-negara tersebut, seperti pontianak, lang suir, penanggalan, dan vampir.

Teori lain lagi adalah bahwa aswang adalah produk dari kolonialisme Spanyol, yang menciptakan cerita-cerita tentang makhluk jahat untuk menakut-nakuti dan mengendalikan penduduk pribumi. Teori ini didasarkan pada fakta bahwa Spanyol menjajah Filipina selama lebih dari 300 tahun, dari tahun 1565 hingga 1898, dan mencoba mengubah agama dan budaya orang Filipina menjadi Katolik dan Hispanik. Teori ini juga mengklaim bahwa Spanyol menyalahgunakan dan mengeksploitasi orang Filipina, dan menggunakan mitos aswang untuk menekan perlawanan politik dan sosial mereka.

Popularitas Aswang di Filipina

Aswang menjadi begitu populer di Filipina karena berbagai alasan budaya, sejarah, sosial, dan psikologis. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin berkontribusi terhadap popularitas aswang:

- Aswang adalah bagian dari cerita rakyat Filipina yang dibawa oleh orang-orang Malay yang datang ke Filipina sekitar tahun 1200. Cerita rakyat ini merupakan warisan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi, dan menjadi sumber hiburan dan pendidikan bagi orang Filipina. Cerita rakyat ini juga mencerminkan nilai-nilai, kepercayaan, dan identitas orang Filipina, serta menghubungkan mereka dengan alam dan dunia spiritual.

- Aswang juga dipengaruhi oleh pengaruh kolonialisme Spanyol, yang menciptakan cerita-cerita tentang makhluk jahat untuk menakut-nakuti dan mengendalikan penduduk pribumi. Cerita-cerita ini menjadi alat propaganda dan indoktrinasi bagi Spanyol, yang ingin menghapus kepercayaan dan tradisi asli orang Filipina, dan menggantinya dengan agama dan budaya Katolik dan Hispanik. Cerita-cerita ini juga menjadi sumber perlawanan dan protes bagi orang Filipina, yang ingin mempertahankan identitas dan kemerdekaan mereka, dan melawan penindasan dan eksploitasi Spanyol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun