Mohon tunggu...
andri kusnadi
andri kusnadi Mohon Tunggu... Mengulas tentang audio mobil

Mengulas tentang penglaman saya bisnis audio mobil system.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Inilah Jenis Speaker Audio Mobil yang Perlu Anda Ketahui

24 November 2019   12:02 Diperbarui: 24 November 2019   12:14 0 0 0 Mohon Tunggu...
Inilah Jenis Speaker Audio Mobil yang Perlu Anda Ketahui
Sumber: abt.com

Salah satu komponen audio mobil yang sering diganti adalah speaker. Biasanya pemilik mobil merasa bosan dengan speaker Audio Mobil standar bawaan pabrik. Hal ini dikarenakan kualitas suaranya kurang maksimal. Disisi lain speaker tersebut memiliki daya yang relatif kecil Sehingga untuk mendengarkan musik keras speaker tersebut tidak kuat.

Solusinya adalah mengganti dengan speaker audio mobil aftermarket. Kini  produk tersebut dengan mudah dapat kita temukan di toko audio dengan berbagai merek. Namun Anda perlu mengetahui beberapa jenis speaker mobil tersebut. Hal ini penting untuk menyesuaikan dengan speaker standar bawaan  mobil .

Komponen Speaker Untuk Mobil Yang Perlu diketahui

Ada beberapa jenis komponen speaker  mobil 3 way yang digunakan pada audio mobil. Komponen tersebut dibedakan menjadi 3 yaitu berdasarkan rentang frekuensi dan berdasarkan kelompok besaran. Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui detailnya.

1. Tweeter : 

Tweeter merupakan komponen speaker yang mempunyai ukuran kecil sekitar 0.05 inch. Ukuran yang paling besar dari jenis ini adalah sekitar 4 inch. Ukuran-ukuran ini tersedia mengikuti dengan jenis dan cakupan frekuensi yang dihasilkan. Speaker jenis tweeter memiliki fungsi untuk mereproduksi rentang frekuensi pada  3500 Hz hingga mencapai 20 Khz.
tweeter biasa dikenal atau dengan nama super tweeter atau ribbon tweeter. Speaker jenis ini biasanya memiliki bentuk yang berbeda seperti persegi panjang dan di bentuk plat tipis.

2. Midrange 

Speaker midrange yang biasanya berukuran 4 sampai 6,5 inch. Ukurannya memang cukup besar daripada ukuran speaker jenis tweeter. Speaker midrange memiliki cakupan frekuensi pada rentang 350 hingga 4500 Hz. Salah satu tugas dari speaker midrange adalah membantu menyempurnakan nada tinggi Bisa juga untuk mengakomodasi vokal agar terdengar lebih fokus dan jernih.

3. Midbass
Komponen  speaker yang selanjutnya adalah speaker midbass. Speaker midbass biasanya dikenal dengan sebutan midwoofer. Salah satu fungsi dari speaker midbass adalah untuk menghasilkan suara dengan rentang 80 sampai 350 Hz. Ciri dari speaker midbass atau midwoofer adalah memiliki diameter 5 sampai 7 inch dan didominasi oleh suara rendah.

Beberapa Jenis  Speaker Untuk Mobil 

1. Speaker Dual Cone

Jenis speaker yang pertama ini memiliki kualitas suara yang standar. Seperti namanya, bentuk dari jenis speaker dual cone dilengkapi dengan dua buah konus. Speaker dual cone sebenarnya sering digunakan untuk menjadi standar speaker audio mobil dari pabrikan.
Nama lain dari speaker dual cone adalah speaker full range. Pastinya semua mobil cocok jika menggunakan speaker ini karena  memiliki rentang frekuensi yang begitu luas. Namun sayangnya tidak maksimal terutama untuk speaker oem mobil. Terdapat catatan bahwa speaker jenis full range memiliki harga yang sangat terjangkau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x