Mohon tunggu...
Andrie Fauzan
Andrie Fauzan Mohon Tunggu... seorang suka belajar

selalu menjadi terdepan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sumpah Pemuda di Masa Sekarang

28 Oktober 2020   13:16 Diperbarui: 28 Oktober 2020   13:28 11 1 0 Mohon Tunggu...

Sumpah Pemuda pada Kondisi Pemuda Saat Ini

SUMPAH PEMUDA

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

1.Pertama : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

2.Kedua  : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

3.Ketiga  : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari isi teks Sumpah Pemuda diatas, apakah pengertian dari Sumpah Pemuda tersebut ? Sumpah Pemuda adalah peristiwa yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia karena merupakan peristiwa dilahirkannya Indonesia.

Sumpah Pemuda itu sendiri menggambarkan tentang proses kelahiran bangsa Indoensia yang merupakan buah dari perjuangan bangsa Indonesia selama puluhan bahkan ratusan tahun tertindas oleh kekuasaan kaum kolonial. Kejadian tersebutlah yang kemudian mendorong semangat para pemuda saat itu untuk memperjuangkan harkat dan martbat bangsa Indonesia hingga para pemuda tersebut berhasil mencapai kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Di era globalisasi ini, tantangan kita sebagai para pemuda, dan juga sebagai penerus bangsa sangatlah berat. Kita para pemuda yang merupakan masa depan bangsa Indonesia harus bisa bersatu membangunnegeri kita yang tercinta ini.

Sebagai pelajar, tugas kita adalah belajar. Namun bukan hanya sekedar belajarilmu pengetahuan dan tekhnologi yang semakin maju saja, tetapi kita juga harus belajar mengenai moral, etika berkehidupan di dalam masyarakat, dan belajar membentuk diri kita menjadi pribadi yang baik.

Sehingga kelak kedepannya bangsa kita tidak hanya maju dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi saja, tetapi etika dan moral yang terbentuk baik. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan pemuda yang kreatif dan inovatif.

Namun kenyataannya sekarang dilihat dari kondisi para pemuda saat ini,Sumpah Pemuda hanya menjadi sebuah peristiwa sejarah yang tidak perlu diingat dan diabadikan lagi karena sudah menjadi masa lalu bangsa Indonesia. Padahal karena peristiwa tersebut kita dapat mencapai kemerdekaan Indonesia hingga sekarang.

Tetapi yang kita lihat sekarang semangat Sumpah Pemuda semakin lama semakin luntur.Banyak kejadian-kejadian sekarang yang sangat menyimpang dari norma dan budaya yang ada di Indonesia, misalnya kita melihat banyak tawuran antar pelajar dimana-mana,terjadinya pertikaian antar warga dan pertikaian antar pemuda-pemudi. Ini membuktikan bahwa semakin hilangnya semangat bersatu bangsa.

Dari pembahasan diatas, masih ingatkah kalian tentang ungkapan Bung Karno yang berisikan:

"Bisa dikatakan bahwa Semangat Sumpah Pemuda adalah Semangat rela berjoang, berjoang mati-matian dengan penuh idealisme dan dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri.Semangat sumpah pemuda adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semanga Sumpah Pemuda adalah semangat membentuk dan membangun negara. Dan, manakala sekarang tampak tanda-tanda kelunturan dan degenerasi, kikislah bersih semua kuman kelunturan dan degenerasi itu, hidupkanlah kembali semangat Sumpah Pemuda itu. "

Dari ungkapan tersebut mari kita flashback bagaimana perjuangan para pemuda Indonesia pada zaman dahulu untuk mengembalikan harkat dan martabat bangsa Indonesia hingga kita bisa mencapai kemerdekaan kita hingga saat ini. Semoga ungkapan Bung Karno tersebut dapat mengembalikan semangat bersatu, semangat berjuangnya para bangsa Indonesia khususnya para pemuda-pemuda penerus bangsa.

NAMA : ANDRIE FAUZAN

MATA KULIAH : KEWARGANEGARAAN

DOSEN PENGAMPU : ILHAM HUDI, S.Pd, M.Pd

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x