Mohon tunggu...
Andrico Rafly Fadjarianto
Andrico Rafly Fadjarianto Mohon Tunggu... Fresh Graduate Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa Karawang

Tempat mencurahkan isi pikiran dan opini ke dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Musik

IZ*ONE Perpanjang Kontrak Vs IZ*ONE Tidak Perpanjang Kontrak

14 Januari 2021   16:00 Diperbarui: 14 Januari 2021   15:59 138 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
IZ*ONE Perpanjang Kontrak Vs IZ*ONE Tidak Perpanjang Kontrak
(www.allkpop.com)

Kontrak IZ*ONE akan berakhir pada April 2021 mendatang. IZ*ONE yang debut dari survival show Produce 48 memang mendapatkan kontrak 2 tahun 6 bulan. Mereka memulai debut pada 29 Oktober 2018, itu artinya pada bulan April tahun ini mereka sudah memasuki masa kontrak 2 tahun 6 bulan.

Jika dilihat grup idol sebelumnya, dimana grup lulusan Produce 101 Season 1, I.O.I hanya mendapatkan kontrak selama satu tahun, mereka debut pada tahun 2016 dan resmi dibubarkan pada tahun 2017. Begitu pula dengan Wanna One grup lulusan Produce 101 Season 2 mendapatkan kontrak selama 1,5 tahun. Mereka debut pada tahun 2017 dan resmi dibubarkan pada tahun 2019. Hal serupa bisa terjadi pada IZ*ONE, yang kontraknya akan habis pada April nanti.

Namun, dilansir Soompi, pihak agensi IZ*ONE CJ ENM dilaporkan sedang berdiskusi dengan masing-masing agensi member IZ*ONE mengenai kemungkinan adanya perpanjangan kontrak IZ*ONE. Seperti yang  diketahui, pada survival show produce 101 ini, diikuti oleh trainee- trainee dari berbagai agensi di Korea, dan mereka akan debut sebagai sebuah grup dengan kontrak yang telah ditetapkan. Namun, pada Produce 48 ini berbeda, dimana adanya keterlibatan dari idol grup ternama asal Jepang yakni AKB48. Dimana terdapat 3 member asal AKB48 yang berhasil debut bersama IZ*ONE.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat IZ*ONE mendapatkan perpanjangan kontrak mereka, diantaranya adalah: 

1. IZ*ONE sempat vakum selama 3 bulan, akibat terbuktinya ada manipulasi voting dari pihak Mnet terhadap Produce 101 series pada November 2019. Akibat kasus ini, IZ*ONE dan X1 yang merupakan grup lulusan season 4 harus memberhentikan segala aktivitas mereka. Akibatnya X1 yang baru saja debut harus terpaksa dibubarkan, dan IZ*ONE akan tetap melanjutkan aktivitas mereka di bulan Februari 2020. Hal ini bisa saja menjadi faktor IZ*ONE akan mendapatkan perpanjangan kontrak, guna mengganti 3 bulan vakum tersebut.

2. Pandemi COVID-19 membuat IZ*ONE tidak bisa melaksanakan kegiatan dengan fansnya, seperti konser dan fan meeting. Tidak seperti I.O.I dan Wanna One yang masih bisa bertemu dengan fans-fans mereka hingga masa kontrak berakhir. 

Jika kontrak IZ*ONE tidak diperpanjang, maka tidak akan ada konser perpisahan dan goodbye stage dengan fans-fansnya akibat pandemi COVID-19. Hal ini bisa menjadi faktor IZ*ONE akan mendapatkan perpanjangan kontrak, guna memberikan kesempatan kepada IZ*ONE dan WIZ*ONE setelah pandemi COVID-19 berakhir untuk bisa bertemu dan melaksanakan kegiatan bersama sampai kontrak mereka habis dan diakhiri dengan konser perpisahan dan goodbye stage.

3. Prestasi IZ*ONE yang terus meningkat. Pada 3 album terakhir, yakni 1 full album Bloom*IZ, dan dua mini album Oneiric Diary dan  One-reeler / Act IV, IZ*ONE berhasil mendapatkan jumlah penjualan yang fantastis, bahkan sempat menjadi girl grup dengan penjualan tertinggi dalam seminggu perilisan sebelum dipatahkan oleh Blackpink. 

IZ*ONE dikatakan bisa bersaing dengan dua girl grup papan atas, Blackpink dan Twice. Hal ini bisa menjadi faktor IZ*ONE akan mendapatkan perpanjangan kontrak untuk membuat IZ*ONE menghasilkan rekor-rekor terbaru mereka.

Selain itu, ada pula beberapa faktor yang membuat IZ*ONE tidak akan mendapatkan perpanjangan kontrak, diantaranya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x