Mohon tunggu...
Andrias Yovi Eka Listyawan
Andrias Yovi Eka Listyawan Mohon Tunggu... mahasiswa

seorang mahasiswa yang gemar menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN UNS Era Covid-19 Bantu Masyarakat Mempraktikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

7 Juli 2020   19:24 Diperbarui: 7 Juli 2020   19:18 2 1 0 Mohon Tunggu...

Surakarta, Juni 2020. Universitas  Sebelas Maret Surakarta tetap menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemic COVID-19. KKN dilaksanakan secara individu di sekitar tempat tinggal mahasiswa. KKN dilaksanakan guna menjadikan masyarakat tanggap wabah bencana non alam COVID-19. 

Salah satu mahasiswa KKN yakni Andrias Yovi Eka Listyawan (K8417005) dari Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP bersama Dosesn Pembibing Lapangan (DPL) Bapak Dr. Djono M.Pd melaksanakan KKN online COVID 19 ini. 

KKN dilaksanakan di wilayah Posanan RT. 2/ RW. 6 Tegalharjo, Jebres, Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dari awal bulan Mei hingga akhir bulan Juni. Wilayah tersebut dipilih dikarenakan merupakan tempat tinggal mahasiswa dan adanya keperluan untuk menekankan protocol kesehatan yang diterapkan pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat.

Bertepatan dengan adanya COVID 19 ini, maka bentuk pelaksanaan KKN ini dilakukan melalui metode dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Kegiatan yang dilakukan secara daring berupa sosialisasi dan pemahaman mengenai pandemi guna menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat guna menghadapi new normal. 

Sedangkan kegiatan yang dilakukan secara luring merupakan kegiatan pemberian wastafel portable dan handsanitazer  di setiap rumah di wilayah RT2/6 Tegalharjo, Jebres, Surakarta, pemasangan MMT di rumah kepala RT dan pembagian pamphlet serta brosur guna mengedukasi masyarakat secara riil. 

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan KKN secara luring tetap memperhatikan protocol kesehatan, dimana tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan senantiasa mencuci tangan setiap selesai melaksanakan pemberian fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

Kegiatan KKN menghasilkan masyarakat yang lebih memahami pandemic COVID 19 dan cara menyikapinya. Kebutuhan akan fasilitas kesehatan harus dimiliki masyarakat. Kebutuhan tersebut antara lain: handsanitizer, handwash soap, dan masker. Oleh sebab itu diharapkan KKN ini mampu meningkatkan kebiasaan hidup sehat masyarakat.  

Dengan pendekatan secara door to door diharapkan mampu menyentuh masyarakat secara menyeluruh dan menambah kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan ditengah pandemic COVID 19.

VIDEO PILIHAN