Mohon tunggu...
Andriana Ayu Budi Syabrina
Andriana Ayu Budi Syabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN BTV 3 Universitas Jember

Mahasiswa FMIPA Universitas Jember 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa BTV 3 UNEJ Memaksimalkan Fungsi Media Sosial sebagai Media Pemasaran Online Rujak Mbak Mimin's

17 September 2021   16:55 Diperbarui: 17 September 2021   16:59 24 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penulis : Andriana Ayu Budi Syabrina

            Sempusari merupakan kelurahan di Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Indonesia. Kelurahan Sempusari terdiri dari lingkungan Gerdu, Krajan dan Mrapa. Pada wilayah Kelurahan Sempusari terdapat perumahan Darma Alam, Perumahan Istana Kaliwates Residence, dan Perumahan Mandiri Land. Keluarahan Sempusari memiliki luas wilayah yaitu 3,65 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2019 mencapai 10.565 jiwa. Salah satu perumahan yang termasuk dalam wilayah Kelurahan Sempusari yaitu Perumahan Darma Alam merupakan tempat lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 12 Agustus 2021 hingga 9 September 2021.

            Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini dilaksanakan pada daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa dan dilakukan secara mandiri. Peraturan tersebut terjadi karena semakin meningkatnya kasus pandemic Covid-19, sehingga untuk mencegah penyebaran Covid-19 pelaksanaannya dilakukan di daerah masing-masing dan menggunakan protocol kesehatan yang ketat. Pandemic Covid-19 ini berdampak hampir pada seluruh sector di berbagai daerah khususnya di Kabupaten Jember ini, contohnya seperti sector kesehatan, pendidikan, perekonomian dan lain-lain. Berdasarkan perubahan yang terjadi, Universitas Jember membuat 5 program tematik untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yaitu:

  • Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19
  • Program Inovasi Tekhnologi/Informasi dalam Penanganan Covid-19
  • Program Permberdayaan BUMDES/Jaring Pengaman Desa Penanganan Covid-19
  • Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19
  • Program Penanganan Stunting dan Aki Akb

Identifikasi Masalah 

            Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan hampir seluruh sektor mengalami penurunan drastic di berbagai daerah khususnya di Kabupaten Jember, contohnya yaitu sector perekonomian. Dari lima program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dihadirkan oleh Universitas Jember, saya melakukan program tematik yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19. Dari banyaknya usaha UMKM yang berada di Sempusari yang terkena dampak dari pandemic Covid-19 ini, saya memilih usaha kuliner yaitu UMKM rujak. UMKM Rujak Mbak Mimin's menjual makanan berupa rujak dan mengalami penurunan pendapatan selama pandemic. Berdasarkan diskusi yang telah saya lakukan dengan sasaran, terdapat permasalahan lainnya yaitu dikarenakan adanya ppkm sehingga tidak banyak pelanggan atau penduduk setempat langsung datang untuk membeli rujak. Oleh karena itu,  saya merencanakan menyelesaikan permasalahan ini dengan program kerja saya yaitu memanfaatkan social media untuk memperluas pemasaran sehingga dapat menarik pelanggan baru dan mempermudah pelanggan.

Program Kerja 

            Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village 3 Universitas Jember dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2021 hingga 9 September 2021. Topic yang saya ambil yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19. Kegiatan KKN yang dilakukan meliputi observasi, sosialisasi, pelaksanaan program kerja dan evaluasi bersama dengan sasaran. Berikut Program Kerja saya lebih jelas dalam bentuk Canvas.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

            Berdasarkan rancangan program kerja yang saya buat, minggu pertama saya manfaatkan untuk melakukan survey atau wawancara dengan sasaran terkait kendala yang dihadapi selama pandemic Covid-19 ini berlangsung terhadap penjualan dan melakukan identifikasi masalah sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk dirancang dalam program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) saya. Minggu kedua dilakukan pengenalan tentang branding produk dan Sosial Media yang nantinya akan digunakan sebagai alat untuk pemasaran produk. Minggu ketiga dilakukan pembuatan foto dan video produk untuk bahan promosi serta pembuatan logo dan pamflet yang diupload diseluruh Sosial Media. Pada minggu ketiga juga dilakukan pendampingan pembuatan akun Sosial Media (Whatsapp, Instagram dan Go-Food). Minggu keempat ini dilakukan pendampingan pemasaran melalui Sosial Media yang telah ditetapkan, dan evaluasi penjualan. Saya juga melakukan pendampingan dengan sasaran terkait penggunaan Sosial Media dan cara pemasarannya agar lebih menarik pelanggan dan agar sasaran memahami cara kerja dari Sosial Media yang digunakan. Evaluasi adanya program kerja bersama sasaran ini berjalan baik dan lancar. Setelah program kerja dijalankan, penjualan rujak Mbak Mimin's mengalami peningkatan pendapatan hasil pemasaran yang dilakukan melalui Whatsapp dengan menggunakan pamflet dan logo yang baru. Dengan adanya akun rujak Mbak Mimin's di Instagram dan Go-food, semakin banyak masyarakat luas yang mengenal UMKM ini. Berikut merupakan dokumentasi kegiatan selama KKN berlangsung:

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan