Mohon tunggu...
Andrian Saputra
Andrian Saputra Mohon Tunggu... Pilot - Mahasiswa

Aviation Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Belajar Filsafat Ilmu Selama 1 Semester

30 Januari 2021   23:01 Diperbarui: 30 Januari 2021   23:13 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Halo Saya Andrian Saputra, Mahasiswa semester 1 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Program Studi Manajemen. Pada tulisan kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya belajar Filsafat Ilmu selama semester 1 ini.

Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.Mungkin pelajaran filsafat ini adalah suatu hal yang sangat baru untuk saya pribadi. Tetapi saya pernah atau bahkan sering mendengar kata filsafat itu sendiri. Saya dulu belum tau apa itu filsafat? Bagaimana cara mempelajarinya? Ada ilmu apa saja yang terdapat didalam filsafat? Dan lain sebagainya

Hal pertama yang saya dapatkan adalah, saya mendapatkan banyak istilah-istilah baru seperti aksiologi, epistemology, dan lain sebagainya. Mengapa saya sebut itu adalah adalah istilah-istilah baru, karena saya belum pernah mendengar istilah tersebut. Nah, tidak hanya mengetahui istilah nya saja, tetapi di dalam filsafat ilmu istilah tersebut dijelaskan lebih mendalam lagi.

Kedua adalah ternyata di dalam filsafat itu ada banyak cabang nya, ada ontology, epistemology, metafisika, logika, antropologi, kosmologi, etika, dll. Tentu semua cabang ilmu filsafat itu berkesinambungan antara cabang yang satu dengan yang lainnya.

Lalu, dengan mempelajari filsafat ilmu, saya dapat mengomunikasikan ide secara efektif. Mengapa demikian? Karena di dalam belajar filsafat ilmu itu kita dilatih untuk senantiasa membuat ide yang cemerlang dan setelah itu menuangkan nya.

Kemudian, belajar filsafat itu ternyata juga sekaligus belajar sejarah. Contohnya adalah filsafat yunani kuno. Nah kenapa disebut belajar sejarah, karena didalam sub materi tersebut terdapat sejarah awal mula munculnya filsafat, perkembangan filsafat pada zaman dahulu, sampai sejarah filsafat hingga saat ini.

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah, melatih kita sebagai mahasiswa untuk selalu berfikir kritis. Sebagai mahasiswa harus senantiasa berfikir kritis jangan berfikir magis, dan juga melatih kita selalu berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun