Mohon tunggu...
Andri rezamaulana
Andri rezamaulana Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Penulis

Andri reza maulana Citayam, depok

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Nasib UMKM Tape Singkongdi Masa Pandemi

16 Oktober 2021   21:03 Diperbarui: 16 Oktober 2021   21:04 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Nasib UMKM Tape Singkongdi Masa Pandemi

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak wabah Virus Corona (Covid-19). Berdasarkan info dari Kementerian Koperasi dan UKM  (Kemenkop UKM) (Kompas, 27 Maret 2020), setidaknya terdapat 949 laporan dari pelaku koperasi serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terkena dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Seperti salah satu umkm keluarga  saya ini yang beralamat di kp pasir angin desa nanggerang kecamatan tajurhalang kabupaten bogor,  yaitu tape singkong yang dulu tahun 2019 kebawah sangat pesat selalu impor ke luar daerah dan terkenal di tempat oleh-oleh tapi semenjak datang pandemi semua berubah yang dlu setiap hari nya ngolah singkong 5 karung atau  hampir 1 mobil bak sekarang 1 karung ajjh kejual nya sangat lama sekali.

 miris rasa liat coba ini, tapi saya selalu bergikir gibagaimanah bisnis ini berjalan lancar lagi mulali giat promo produk kepasar-pasar atau ke warung-warung terdekat, buka toko online seperti grab food dan shopee food dan alhamdulillah mulai membaik lagi dan mencoba untuk membuka lapangan perkerjaan.

Semoga pandemi ini segera berlalu dan kembali nirma lagi tetap jaga kesehatan. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan