Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Politeknik Negeri Jember 2022

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hasil Piala Dunia 2022: Jerman Tersingkir, Spanyol dan Jepang ke Babak 16 Besar

2 Desember 2022   05:20 Diperbarui: 2 Desember 2022   05:32 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu momen sebelum Jepang mencetak gol ke gawang Spanyol (sumber: sport.detik.com/Adhi Prasetya)

Gelaran Piala Dunia telah memasuki akhir match day ketiga. Timnas Perancis, Brazil, Portugal, Inggris, Amerika sudah memastikan langkahnya di babak 16 besar.

Terbaru, Jepang dan Spanyol menyusul ke babak 16 besar usai saling bertanding beberapa saat yang lalu, Jumat (02/12/22) dini hari.

Timnas Jepang yang notabene kurang diunggulkan secara mengejutkan berhasil mempecundangi Spanyol dengan menang 2-1. Kedua gol kemenangan Jepang dicetak oleh Ritsu Doan pada menit 48, dan Ao Tanaka di menit 51.

Gol kedua Jepang yang dicetak oleh Ao Tanaka mulanya menimbulkan sedikit kontroversi, yang mana proses sebelum terjadinya gol, tampak sekilas bola sempat terlebih dahulu keluar dari garis lapangan, namun gol tersebut tetap disahkan dan Jepang unggul 2-1atas Spanyol.

Timnas Jepang untuk kali kedua berhasil melakukan comeback epik setelah sebelumnya melakukan hal yang sama ketika menang melawan Jerman dengan skor 2-1 juga.

Ternyata, aturan FIFA sekarang yaitu, bola dianggap tidak keluar jika masih ada bagian dari bola itu yang berada di dalam garis, meskipun sangat tipis.

Gol tunggal Spanyol dicetak oleh Alvaro Morata pada menit 11 sebelum akhirnya di comeback oleh 2 gol pasukan Jepang.

Disisi lain nasib tragis menimpa Timnas Jerman, meski menang 4-2 atas Kosta Rika pada waktu yang bersamaan, Der Panzer tetap tersingkir dan gagal melaju ke babak 16 besar.

Spanyol dan Jerman sendiri di Grup E sama-sama mengoleksi 4 poin dari 3 pertandingan, namun, Spanyol berhak atas tempat kedua karena unggul selisih 3 gol dari Jerman.

Bisa dikatakan Spanyol beruntung karena pada pertandingan pertama dapat membantai Kosta Rika dengan skor telak 7-0, Rabu (23/11/22) lalu.

Hasil ini merupakan kali kedua secara beruntun yang di raih Jerman pada Piala Dunia, yaitu gagal lolos dari fase grup. Thomas Muller dan kawan-kawan akhirnya harus angkat koper terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun