Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Lulusan Politeknik Negeri Jember 2022

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pesan Terbuka Ketua Umum PSSI dan Menpora pada Shin Tae-yong

3 November 2022   13:20 Diperbarui: 3 November 2022   14:08 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bentuk kebersamaan Iwan Bule dan Shin Tae-yong (sumber: bola.net/Serafin Unus)

Sosok Mochammad Iriawan atau yang biasa dipanggil Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI terus mendapat desakan untuk turun dari jabatannya sebagai bentuk pertanggungjawabannya pasca tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan kurang lebih 130-an nyawa suporter Arema Malang pada 1 Oktober 2022 lalu.

Iwan Bule akhirnya angkat bicara perihal permintaan turun jabatan tersebut, dimana ia mengaku siap turun dari jabatan Ketum PSSI melalui Kongres Luar Biasa (KLB) yang disetujui oleh Komite Eksekutif PSSI dan FIFA.

Mundurnya Iwan Bule ini membuat sebagian warganet mengingat kembali pernyataan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang sebelumnya memberikan pernyataan mengejutkan apabila Iwan Bule lengser dari jabatannya.

"Menurut saya jika Ketua Umum PSSI harus bertanggungjawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri.

Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja sama sebagai satu tim, maka saya juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah satu tim," ujar Shin Tae-yong, dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (12/10/22) lalu.

Pernyataan tersebut sontak membuat para suporter di Indonesia menilai bahwa Shin Tae-yong tidak menghormati korban dan keluarga korban tragedi Kanjuruhan Malang.

Baru-baru ini Iwan Bule memberikan pesan kepada Shin Tae-yong perihal kursi kepelatihan Timnas Indonesia, yang mana Iwan meminta Shin Tae-yong agar tidak mengikuti jejaknya jika ia mundur dari kursi Ketum PSSI, dimana tentunya akan membuat suporter Indonesia kecewa.

"Tidak usahlah Shin Tae-yong mundur, kan anak-anak kasihan mau Piala Dunia U-20. Prestasi ditunggu publik. Biar saya sajalah yang mundur. Shin biar tetap bekerja dengan timnas, ujar Iwan, dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (03/11/22).

Hal senada juga diungkapkan oleh Menpora, Zainudin Amali yang juga berharap agar Shin Tae-yong agar tetap melatih Timnas Indonesia U-20 yang mulai berkembang.

"Saya kira Shin Tae-yong masih jadi pelatih. Mudah-midahan Shin Tae-yong tetap. Saya ingin dia tetap melatih timnas, kan kepentingan kita di timnas," ujar Amali.

Saat ini Timnas Indonesia U-20 sedang berada di negara Turki untuk menjalani serangkain laga uji coba sebelum menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia 2023 mendatang. Terbaru, Timnas Indonesia baru menang melawan Moldova dengan skor 3-1, Rabu (03/11/22).

Tiga gol Indonesia dilesakkan oleh Rabbani Tasni menit 57, Muhammad Ferari menit 72, dan Marselino Ferdinan pada menit 78 lewat penalti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun