Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selain Inggris, Belanda Juga Memiliki Sejarah Kerajaan "Kacung" Napoleon Bonaparte

21 September 2022   04:00 Diperbarui: 21 September 2022   04:02 280 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosok pemimpin Kerajaan Belanda, Louis Bonaparte (sumber: libcom.org)

Sosok pemimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II baru saja pergi selama-lamanya setelah mengembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (08/09/22) lalu di Kastil Balmoral Skotlandia.

Setelah disemayamkan selama seminggu lebih, tepat pada Senin (19/09/22) kemarin Ratu Elizabeth II akhirnya dimakamkan di Kapel Memorial St George VI. Kini Kerajaan Inggris resmi dipimpin oleh sang anak pertama, King Charles III.

Bicara soal kerajaan, bisa dikatakan Kerajaan Inggris menjadi yang paling besar saat ini, belum lagi adanya Persemakmuran Inggris yang menunjukan kekuasaan monarki Inggris yang begitu besar.

Meski perlahan anggota Persemakmuran Inggris mulai berguguran, tetap saja Kerajaan Inggris memiliki wilayah kekuasaan yang masih sangat luas.

Kerajaan Prancis dan Napoleon I
Disisi lain, sebenarnya ada sebuah kerajaan yang menjadi rival sekaligus tandingan dari Kerajaan Inggris dimasa lalu, yaitu Kerajaan Prancis.

Dahulu kala, Kerajaan Prancis lah yang memegang kendali penuh daratan Eropa. Banyak tragedi, pertumpahan darah, peperangan yang dilakukan Kerajaan Prancis dalam upayanya memperluas wilayah kekuasaan.

Tokoh-tokoh terkenal lahir dari Kerajaan Prancis ini, sebut saja Napoleon Bonaparte, atau biasa dikenal Napoleon I.

Napoleon Bonaparte, pemimpin Kekaisaran Prancis (sumber: murianews.com)
Napoleon Bonaparte, pemimpin Kekaisaran Prancis (sumber: murianews.com)
Nama Napoleon Bonaparte ini sangatlah melegenda. Ia merupakan pemimpin Kekaisaran Prancis yang berhasil menaklukan sebagian besar wilayah di daratan Eropa pada abad ke-19.

Napoleon Bonaparte bisa dikatakan tokoh utama terjadinya Revolusi Prancis pada tahun (1789-1799). Ia terkenal sebagai seorang pemimpin yang cerdik, terampil, ahli starategi, ambisius, dan haus akan kekuasaan.

Napoleon resmi naik tahta pada tahun 1804. Tidak butuh waktu lama, dibawah kepemimpinannya, Kerajaan Prancis tumbuh menjadi sesuatu yang ditakuti, yang mana Napoleon Bonaparte selaku pemimpin dan jendral militer selalu berhasil menundukan negara-negara Eropa lain, salah satunya Belanda.

Kerajaan Belanda dan Louis
Pada periode tahun 1600-1700an, saat itu Belanda sedang dalam masa jaya yang disebabkan oleh adanya perserikatan dagang terbesar di dunia, yaitu Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). Dimana yang seperti kita ketahui bahwa VOC berhasil memperoleh hasil bumi besar-besaran dari rampasan sumber daya alam negara-negara jajahannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan