Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Obsesi Besar Park Hang-seo Melawan Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

20 Juni 2022   16:38 Diperbarui: 20 Juni 2022   16:46 113 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosok pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo dan Shin Tae-yong (sumber: bola.net)

Pencapaian luar biasa baru saja diraih Timnas Indonesia, untuk pertama kalinya sejak tahun 2007 Indonesia sukses berpartisipasi kembali di ajang Piala Asia 2023 mendatang.

Tentu raihan tersebut patut dibanggakan, apalagi Timnas Indonesia sebelumnya baru saja meraih kemenangan besar 7-0 melawan Nepal, Rabu (15/06/22).

Timnas Indonesia sendiri lolos dengan status lima runner-up terbaik babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Selain Indonesia, ada tiga negara Asia Tenggara yang juga ikut berpartisipasi, yaitu Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Bicara soal Vietnam, ada hal menarik yang baru saja diungkapkan Park Hang-seo. Dimana sebelumnya pada bulan Mei kemarin, ia sempat mengaku akan pensiun setelah gelaran Piala AFF 2022.

"Saya memilliki satu turnamen penting lagi sebelum meninggalkan Timnas Vietnam, yaitu Piala AFF 2022. Ini menjadi turnamen yang berarti bagi saya, mengingat akan menutup karier saya dengan sepakbola Vietnam,” kata Park Hang-seo saat diwawancara Thanh Nien, dikutip Okezone, Soha, Rabu (25/05/22).

Namun entah kenapa, ia tiba-tiba memutuskan untuk bertahan melatih Timnas Vietnam usai mengetahui Indonesia dan Malaysia lolos pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Sejatinya kontrak Park Hang-seo sendiri habis pada 31 Januari 2023 mendatang.

Diketahui sebelumnya Park Hang-seo tampak sangat terobsesi untuk melawan Timnas Indonesia. Disisi lain, ada komentar menarik terkait hal tersebut.

"Saya belum tau bakal melatih Timnas Vietnam di Piala Asia 2023 atau tidak, namun saya siap menghadapi pelatih asal Korea kapan saja," terang Park Hang-seo dikutip dari Fnnews.

"Berhubung mereka mewakili negara lain, wajib bagi kita untuk meningkatkan kekuatan untuk menjaga harga diri negara. Kedua pelatih merupakan juru taktik yang hebat, Shin Tae-yong membuat pencapaian hebat bersama Timnas Indonesia, begitu pula dengan Kim Pan-gon meski baru mengambil alih Malaysia," imbuhnya.

Park Hang-seo disini tampak sangat gengsi dan ingin sekali melawan tim-tim yang dilatih rekan senegaranya tersebut, karena obsesinya dari dulu dengan Timnas Indonesia, membuat dirinya dikenal masyarakat Indonesia dan dibuat meme sebagai lelucon. Hal ini pun bisa dimaknai sebagai bentuk respect dirinya kepada pelatih senegaranya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan