Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus dinanti, didoakan, serta diusahakan.

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Arus Balik Mudik 2022: Tol Cipali Arah Jakarta Masih Padat, Jalur Menuju Surabaya Terpantau Lengang

10 Mei 2022   13:30 Diperbarui: 10 Mei 2022   13:49 491 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tampak kemacetan terjadi di jalan tol meski sudah menerapakan satu arah (sumber: cnnindonesia.com)

Meski sudah memasuki H+3 lebaran, kemacetan masih terjadi di beberapa titik jalan tol menuju arah Jakarta. Antrean kendaraan arus balik terjadi di Gerbang Tol Utama Cikampek sepanjang 1 KM, terhitung Selasa (10/05/22).

Berdasarkan pantauan CCTV tol, kemacetan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Sebelumnya, arus lalu lintas di jalan tol KM 139 Cikampek-Palimanan juga mengalami kemacetan hingga 8 KM panjangnya.

Kemacetan terjadi karena adanya peningkatan volume kendaraan pemudik dan keluar masuk kendaraan di sekitar rest area pada jalan tol.

Sistem satu arah atau one way sendiri sudah dicabut, terhitung sejak Senin (09/05/22) kemarin. Sistem one way sendiri merupakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh Polri untuk mengurai kemacetan selama musim mudik dan balik lebaran 2022 ini.

Di sisi lain, tol dari Jabodetabek arah Semarang dan Surabaya, Selasa (10/05/22) hari ini tampak lengang. Puncak arus balik ke arah Surabaya tampaknya sudah terjadi, tepatnya pada Minggu (08/05/22) kemarin. Dimana terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 120 persen dibanding hari biasa.

Marketing and Communication Department Head JTTRD, Tody Satria mengatakan selama masa arus balik Lebaran tersebut pihaknya mencatat ada sebanyak 318.112 kendaraan yang menuju ke Surabaya melalui Gerbang Tol (GT) Warugunung dan GT Kejapanan Utama.

Meski begitu, pihak Jasa Marga mengatakan bahwa telah terjadi penurunan volume kendaraan pada sejumlah titik rawan macet pada dua hari ini, terhitung dari Senin dan Selasa, khususnya tol Transjawa.

Berdasarkan aturan pemerintah mengenai libur lebaran 2022, terihitung sejak Senin (09/10/22) kemarin, semua kegiatan perindustrian, pendidikan dan lain-lain sudah mulai beraktivitas normal kembali. Jadi puncak arus balik di berbagai wilayah dan moda transportasi sudah terlewati, Sabtu (07/05/22) dan Minggu (08/05/22).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana kondisi jalan tol secara live, kini bisa diakeses melalui laman Kementerian perhubungan dan Jasa Marga, yaitu;
1. http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv
2. https://lewatmana.com/cam/

Semoga kita semua senantiasa diberi perlindungan dan kesehatan oleh Allah SWT, sehingga dapat bertemu pada momen lebaran tahun 2023 mendatang bersama keluarga di kampung halaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan