Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Tulislah apa yang kamu pikirkan, cintailah apa yang menjadi milikmu. Kita semua berjalan menuju kesuksesan dengan caranya masing-masing, sebab ada yang harus diraih dan dinanti.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Ketika Transportasi Konvesional Lebih Diminati Ketimbang Transportasi Umum!

9 Desember 2021   05:40 Diperbarui: 9 Desember 2021   05:43 1899 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Transportasi berbasis online kian berkembang di Indonesia (sumber: web.lintaslampung.com)

Seiring semakin pesatnya laju urbanisasi di Indonesia, kebutuhan transportasi publik, khususnya darat tentu akan mengalami peningkatan. Dimana saat ini bermunculan moda transportasi dengan sistem yang lebih modern, sebut saja ojek online.

Bicara soal ojek online, saat ini sudah ada beberapa pilihan, dimana Go-jek, Grab menjadi platfrom yang paling mendominasi. Tentu keberadaan ojek online ini sangatlah membantu keberadaan para pekerja, terkhusus daerah perkotaan.

Penduduk yang padat dengan transportasi umum yang kian berkurang membuat banyak pengguna moda transportasi memilih menggunakan ojek online ketimbang transportasi umum.

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) juga membuktikan hal itu. Mereka mengadakan survei kepuasan dan keseringan masyarakat memilih transportasi. 

David M.L selaku ketua Komunitas Konsumen Indonesia membeberkan hasil surveinya yang  mereka lakukan terhadap 625 responden, 91 persen menggunakan ojek online, 40 persen taksi online, dan 33 persen menggunakan KRL, terakhir 25 persen menggunakan transportasi umum, seperti bus dan angkot.

Dilihat dari hasil survei ini, bisa kita lihat bahwa masyarakat semakin melek teknologi, sebab dalam pemesanannya menggunakan aplikasi dan jaringan internet.

Ketertinggalan transportasi umum dari ojek online atau konvesional ditengarai beberapa faktor, yaitu;

1. Hemat Waktu dan Tenaga
Bisa diartikan seperti saat kita akan pergi pada pagi-pagi buta, jelas bila kita menunggu seperti angkot tidak akan kita temui, kalaupun ada, perlu waktu untuk menunggu. Disini transportasi konvesional atau gojek bisa kita pesan jam berapa pun, bahkan jam 12 malam pun masih bisa.

2. Pembayaran Lebih Modern
Platfrom seperti Gojek, Grab, dan Uber disini menawarkan pembayaran non tunai melalui aplikasi online, sebut saja linkaja, gopay, dan ovo, yang secara tidak langsung menunjukan penggunaan teknologi yang cukup baik.

3. Harga Lebih Murah
Tidak bisa dipungkiri bahwa transportasi konvesional seperti Gojek, Grab, dan Uber memiliki banyak diskon, bahkan kadang malah tidak bayar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan