Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

● Tulislah apa yang ingin kamu sampaikan selagi itu bermanfaat. Menulis itu hobi, mencurahkan pikiran dalam serangkaian kata. ● Politeknik Negeri Jember. Menempuh pendidikan D3-Manajemen Agribisnis 19 (2019-2022).

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kamitetep: Hama Kecil Menjengkelkan Penghuni Dinding Rumah

17 Juli 2021   16:15 Diperbarui: 18 Juli 2021   01:22 4044 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kamitetep: Hama Kecil Menjengkelkan Penghuni Dinding Rumah
Wujud kamitetep (sumber ilustrasi: siraplimau.com)

Tidur adalah hal yang paling kita tunggu setelah lelah dengan segala macam kegiatan yang kita lakukan selama seharian penuh. Dengan tidur, membuat badan kita menjadi segar bugar, namun apa yang terjadi bila saat kita bangun tidur, badan bukannya segar bugar, malah terdapat lebam.

Tentu hal ini tidak lah mengenakan. Selain lebam, kalian akan merasakan gatal juga dan ingin sekali menggaruknya, bahkan ada yang sampai berdarah-darah dan menimbulkan iritasi pada kulit.

TENTANG KAMITETEP
Ulat dinding (Phereoeca Uterella) atau yang lebih dikenal dengan kamitetep merupakan jenis serangga yang termasuk dalam spesies ngengat  berwujud ulat yang memiliki wadah untuk bersembunyi berbentuk seperti kepompong. Kamitetep berkembangbiak dengan cara bertelur.  

Biasanya mereka tinggal dengan menempel di dinding rumah dan dalam lemari pakaian, kamitetep ini juga senang mendiami tempat  yang lembab, memiliki banyak sawang dan jaring laba-laba, serta berdebu yang tidak terjangkau dengan tangan manusia. Mereka memakan jaring laba-laba dan serat kain untuk bertahan hidup.

Ukuran hewan ini sangat kecil, seukuran biji timun. Hal ini sering membuat kita tidak tau hewan apa yang telah menggigit kita. Meski berukuran kecil, gigitan dari kamitetep ini efeknya tidak bisa dianggap sepele. Gigitan kamitetep di tubuh manusia meninggalkan luka lebam, bentol yang berair dan terasa sangat gatal, bila dibiarkan luka tersebut akan semakin membiru dan melebar.

Biasanya orang-orang menggunakan minyak kayu putih, minyak tawon, atau bisa juga menggunakan bahan alami seperti madu dan cuka apel dengan dioleskan pada area luka bekas gigitan kamitetep.

CARA MENGHILANGKAN

Keberadaan kamitetep sendiri dianggap sebagai hama rumah yang perlu dihilangkan atau di basmi. Berikut ini merupakan cara membasmi kamitetep dirumah.

1. Tentu kita harus menjaga kebersihan rumah dengan rutin menyapu, membersihkan sawang-sawang ditempat yang sulit dijangkau.

2. Bersihkan secara dengan vacum cleaner berkala ditempat seperti lemari, belakang lemari, belakang pintu, bawah kursi, sudut-sudut dinding dan kolong kasur untuk mencegah kamitetep berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x