Mohon tunggu...
Andri Faisal
Andri Faisal Mohon Tunggu...

Seorang dosen manajemen keuangan dan Statistik. Peminat Sastra dan suka menulis fiksi. Suka Menulis tentang keuangan dan unggas (ayam dan burung) http://uangdoku.blogspot.com http://backyardpen.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Ayam Onagodori, Ayam Ekor Panjang dari Jepang

27 Mei 2017   08:31 Diperbarui: 27 Mei 2017   08:59 273 0 0 Mohon Tunggu...

Ayam ini berasal dari negeri sakura Jepang. Negeri di Timur ini mempunyai keunikan budaya termasuk juga keunikan unggasnya. Kalau melihat bagian depan ayam ini maka kita tidak akan terlalu tertarik dengan ayam ini karena ayam ini hampir mirip dengan ayam kampung yang biasa di jual di tukang potong ayam atau kita temukan berkeliaran di pedesaan .

Kalau kita mau melihat bagian belakangnya maka kita akan menemukan suatu yang sangat istimewa dari ayam ini yakni ekornya panjang sekali. Jangan sangka kalau panjangnya ekor ayam ini hanya mencapai tanah saja. Ayam ini tidak mempunyai ekor yang melengkung seperti sabit, tetapi ekor ayam ini menjuntai kebawah. Kalau berjalan di tanah ekor ayam ini akan terseret dan mengenai tanah. Oleh karena itu pemeliharanya menyediakan tebggeran yang tinggi sekali agar ekor ayam ini tidak rusak oleh tanah atau benda lainnya.

Kadang ayam indah ini ditaruh di dalam sebuah almari yang bagian depannya kaca. Almari ini lebih mirip dengan kotak jam yang berasal dari Eropa yang biasa ditaruh di masjid.

Ayam ini mempunyai perawakan yang kecil seperti ayam kampung biasa. Ia mempunyai kepala yang kecil leher yang panjang dan kaki yang langsing. Badan juga langsing  serta ekor panjang yang istimewa. Jantannya berwarna mengkilat di bagian penutup sayap , leher, sadel dan buku ekor. Betina tidak mempunyai keistimewaan atau keunikan dan hampir mirip dengan ayam kampung biasa kecuali ekornya sedikit panjang dengan menghadpa keatas. Ekor betina tidak akan menjuntai kebawah seperti halnya ayam betina.

Ayam ini mempunayibpial yang berwarna merah. Tentu saja pial jantan lebih besar daripada pial betina.

Pengembangan ayam ini cukup menggembirakan karena ada penggemar yang mengembangkan ayam ini. Ayam inivharaganya cukup mahal . Jikad ada yang dewasa ayamnya visa dibeli satu setengah juta sepasang. Ayam yang lebih muda seperti enam bulan lebih murah. Kita bisa membeli ayam ini dengan harga 700 ribu rupiah sepasang dengan jantan harganya sekitra 500. Jantan jauh lebih mahal mengingat ayam jantan mempunyai ekor yang panjang sekali.

Ayam ini mempunyai kombinasi warna yakni putih yang kesleuruhan tubuhnya putih dan juga ada yang putih dengan warna coklat di sayapnya. Warna lain yakni merah dengan warna dada hitam serta warna jalak atau wido.

Baca  Juga : Kediri Phoenix

VIDEO PILIHAN