Mohon tunggu...
R. ANDRY DANOESUBROTO
R. ANDRY DANOESUBROTO Mohon Tunggu... Antivirus Analyts

Tinggal di Lampung, CEO sebuah perusahaan Internasional Freight Forwading

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ini Struktur dan Kelemahan Virus Corona

1 April 2020   07:05 Diperbarui: 1 April 2020   07:55 3257 4 2 Mohon Tunggu...

Semakin hari perkembangan Virus Corona di tanah air semakin masif. Semakin hari mereka yang terinfeksi semakin bertambah. Begitu pula mereka yang meninggal.

Di balik wabah ini, masih banyak mereka yang sebenarnya tidak mengetahui apasih Virus itu, dan apa itu Virus Corona.

Kita akan membahas pertama apa itu Virus. Diambil dari laman Wikipedia adalah Virus adalah mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup.

Kata virus sendiri berasal dari bahasa Latin, vrus yang berarti 'racun' dan cairan berbahaya lainnya.Virus hanya dapat bereplikasi di dalam sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri. Dengan bahasa awam penulis ingin memberikan gambaran lebih jelasnya adalah, Virus itu mahluk hidup yang hanya berbentuk lebih kecil dari ukuran milimeter atau bisa kita gunakan ukuran nanometer.

Virus dapat berkembang biak hanya menempel pada sel mahluk hidup. Seperti Manusia, Hewan, termasuk mahluk-mahluk microorganisme lainnya termasuk diri virus itu sendiri, bahkan tumbuhan dan tanaman.

Lalu apa sih bentuk Virus itu.? Jika berbicara mengenai bentuk, Virus sebenarnya tidak berbentuk, dia akan membentuk tubuh, ketika bertemu dengan sel mahluk hidup lainya. Nah, setelah itu, barulah dia berbentuk sesuai dengan kemauan si virus sendiri.

Bentuk Visual virus yang dapat kita lihat melalui bantuan alat, berbentuk macam-macam. Ada yang berbentuk tabung, ada yang tak beraturan, ada yang berbentuk bersegi-segi, ada yang berbentuk bulat/bundar dan lainya. Itu bentuk virus dalam bahasa kita sebagai orang awam.

Namun dalam dunia science, bentuk-bentuk virus ada nama-nama tertentu,seperti, berbentuk Prolat, Helikal, Ikosahedral, dan lainnya. Bila kita sederhanakan bentuk-bentuk Virus itu. seperti apa yang penulis tuliskan di atas.

Lalu pertanyaan lainya, terbuat dari apa sih Virus itu.? Nah, kita akan menjawab secara singkat, padat dan dengan bahasa yang dapat dimengerti untuk segala usia.

Virus itu berupa DNA atau RNA. Nah, DNA (Deoxyribonucleic Acid) merupakan suatu molekul identitas yang terdapat pada tubuh makhluk hidup yang biasa disebut gen turunan dari orang tua kita. RNA (Ribonucleic Acid) adalah molekul pembantu pembentukan DNA pada saat proses sintesis protein pada gen di tubuh kita.

Virus juga diselubungi oleh suatu lapisan pelindung yang terdiri dari Protein, disebut kapsid. Kapsid bisa berbentuk bulat (sferik), heliks, polihedral, atau bentuk yang lebih kompleks dan terdiri atas protein yang disandikan oleh Genom Virus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x