Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Mengenal Safety Car, Medical Car, dan Zero Car di Arena Balap

22 Juni 2020   00:50 Diperbarui: 24 Juni 2020   21:07 152 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Safety Car, Medical Car, dan Zero Car di Arena Balap
Safety Car dan Medical Car F1 2019

Menonton Balapan Formula 1, MotoGP, Touring Eropa atau bahkan One Make Race lokal selalu menyenangkan. Tak kalah dengan pembalap favorit, para penonton juga dipacu adrenaline nya.

Nah selain para mobil ataupun motor balap yang berlaga di circuit, ada satu mobil yang juga dapat ikut turun ke arena jika sedang dibutuhkan, yaitu Safety Car.

Safety Car atau juga bisa disebut Pace Car, adalah mobil dengan homologasi yang diperuntukkan penggunaan di jalan raya yang dimodifikasi khusus sesuai regulasi Federal International le' Automobile (FIA).

Safety Car bertugas untuk menetralisir jalannya lomba jika sedang ada keadaan darurat (contoh: kecelakaan, cuaca hujan dan sebagainya), yaitu dengan mengambil posisi terdepan dan membatasi kecepatan para mobil balap yang sedang berlaga, agar para petugas dapat membersihkan puing, menolong driver yang terluka dengan aman.

Dalam setiap panggung balap di dunia tak terkecuali di Indonesia, adanya Safety Car merupakan bagian dari peraturan resmi yang dikeluarkan FIA sejak tahun 1993.

Masing-masing cabang Motorsport mempunyai Safety Car berbeda. Mobil beserta spesifikasinya tentu saja disesuaikan dengan karakter dari Balapan itu sendiri.

Balapan single seater Formula 1 dan World Endurance Racing (WEC) tentu saja harus diimbangi dengan Safety Car yang kencang seperti Mercedes-AMG GT R dan Porsche 911 Turbo.

Sementara Formula 3 masih cukup dengan Safety Car BMW M2. Bahkan British F3 tahun 2012 pernah punya Safety Car Nissan Juke

Pasukan Unit BMW M pendukung MotoGP
Pasukan Unit BMW M pendukung MotoGP

Berikut cerita singkat timeline kehadiran Safety Car di Balapan Formula 1:

  • Safety Car pertama kali beraksi di Canadian GP pada tahun 1973. Siang itu rentetan kecelakaan yang terjadi memaksa panitia untuk mentralisir lomba dengan menurunkan sebuah Porsche 914. Sayangnya hal itu malah membingungkan semua orang karena Safety Car memimpin lomba dari posisi yang salah. Di tahun 1976 Porsche kembali menjadi Safety Car.
  • Di era 80-an yaitu di Monaco GP tahun 1981-1983 Lamborghini Countach mendapat kehormatan berkontribusi di Balap F1. Pada tahun 1989-1993 Mesin Lamborghini V12 menjadi dapur pacu beberapa Team F1 seperti Ligier, Lotus, Lola dan lainnya, namun tak dapat menghantarkan mereka menjadi juara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN