Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Toyota Land Cruiser, 70 Tahun Perjalanan Hebat SUV Legendaris Jepang

5 April 2020   03:20 Diperbarui: 6 April 2020   23:48 1943 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Toyota Land Cruiser, 70 Tahun Perjalanan Hebat SUV Legendaris Jepang
warwheels.com

Apakah anda salah satu dari sekian banyak orang yang menggemari SUV? Dalam kurun waktu dua puluh tahun terakhir pasar penjualan SUV meningkat terus. 

Dengan badan yang lebih kekar, ground clearance lebih tinggi, mesin lebih bertenaga dan juga mampu diisi lebih banyak penumpang dan barang, SUV makin menjadi favorit keluarga, pekerja ataupun para Car enthusiast di dunia.

Dari sekian banyak SUV yang hilir mudik di jalanan, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain, ada satu nama yang cukup tenar. Dengan mengusung brand mobil paling banyak dikenal di dunia, inilah dia Toyota Land Cruiser, SUV andalan Toyota kebanggan dari Negara Matahari terbit; Jepang.

Toyota Land Cruiser (Toyota Rando-Kurz) punya nickname di kalangan tertentu yaitu "TLC" (baca" ti el si). Ini sebenarnya hanya nama Toyota Land Cruiser yang disingkat. 

TLC sejak tahun 1990-an hingga hari ini merupakan SUV kelas menengah keatas atau bisa masuk kategori Luxury SUV. Tidak heran jika harganya selangit. Namun TLC hadir di Indonesia pada tahun 1960-an. Dan sudah mengaspal di Jepang pad tahun 1950.

Awal cerita Land Cruiser

Perjalanan epic TLC berawal dari masa Perang Dunia II di tahun 1941, ketika Imperial Japanese Army yang berada di Filipina menemukan sebuah Bantam GP (General Purpose) dengan tipe BRC40; kendaraan multi fungsi milik militer Amerika Serikat, dan kemudian membawanya pulang ke Jepang. 

Sekedar info; Bantam dan Willys adalah dua manufacturer kendaraan multi fungsi militer U.S di kala itu dan beberapa tahun berselang, mobil inilah yang di design menjadi Willys yang legendaris itu. Sebutan "GP" (diucapkan singkat dengan Bahasa Inggris ji -pi menjadi "jip") juga digadang-gadang yang merupakan asal muasal merk "Jeep"

warwheels.com
warwheels.com
Berbekal mobil percontohan tersebut, Pemerintah Jepang segera memerintahkan pabrikan mobil Toyota untuk menciptakan sebuah kendaraan militer ringan serbaguna.

Lahirlah AK10. Tidak membutuhkan waktu lama hingga AK10 ikut terjun ke medan perang dan mendukung para tantara Jepang bertempur melawan U.S dan sekutu dari sisi mobilisasi darat. 

Namun karena Perang tidak berlangsung lama, dan sebenarnya tahun-tahun itu Jepang juga sedang cukup kesulitan untuk produksi, maka AK10 tidak terlalu populer. Setelahnya biarpun Perang berakhir dengan Hiroshima dan Nagasaki luluh lantak oleh Bom Atom, AK10 terus dikembangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x