Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Mobil Elektrik yang Efisien, Pintar, dan Makin Digemari

23 Februari 2020   22:59 Diperbarui: 14 Maret 2020   21:52 450 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mobil Elektrik yang Efisien, Pintar, dan Makin Digemari
carmagazine.co.uk

Sehari-hari dijalan sekarang ini, saya bisa mendapati rata-rata satu hingga dua mobil listrik (Electric Vehicle/ EV) per perjalanan per hari. Bagaimana dengan para daily drivers di kota-kota besar lain? Apakah kerap menjumpai EV di jalan?

EV kini makin mendunia. Berdasarkan data yang dihimpun Kantor berita Reuters; terdapat 1 Unit Plug-in Electric Vehicle (PEV) dari setiap 250 Unit kendaraan (0,40%) di jalan-jalan di seluruh dunia pada akhir tahun 2018. Tesla Model 3 adalah salah satu EV terlaris di dunia dari 2018 hingga 2019 dan memiliki jangkauan listrik maksimum 500 km (310 mil) menurut Environmental Protection Agency (EPA).

Pabrikan-pabrikan mobil besar lainya juga berlomba mengeluarkan contender andalannya masing-masing untuk bersaing di next generation level of Passenger cars ini; Audi e-Tron, BMW i3, Mercedes-Benz EQ, Jaguar i-pace, Peugeot e-208, Renault Zoe dan masih banyak lagi.

insideevs.com
insideevs.com
LATAR BELAKANG
Dengan makin menipisnya lapisan fossil yang menjadi bahan utama untuk bensin kendaraan kita, maka mobil listrik adalah alternative dan masa depan dunia transportasi. Namun ada alasan yang lebih besar daripada efisiensi bahan bakar saja.

nationalgeographic.com
nationalgeographic.com
Aktivitas manusia sejak awal Revolusi Industri di tahun 1750 telah meningkatkan karbon dioksida sebanyak 45%; dari 280 ppm pada 1750 menjadi 415 ppm pada tahun 2019. 

Dikarenakan pembakaran bahan bakar fosil, batu bara, gas alam, penggundulan hutan (deforestasi) dan sebagainya, dan semua itu meningkatkan efek rumah kaca hingga menyebabkan Global Warming.

greenandgrowing.org
greenandgrowing.org
Maka manusia mulai berinovasi, berusaha menciptakan sarana transportasi yang ramah lingkungan tanpa gas buang yang bisa berpotensi mencelakakan bumi dan segala isinya. Karena jika tidak, apa yang mau kita wariskan kepada anak cucu kita?

Mobil listrik sebenarnya bukan barang baru. Mobil listrik digerakkan oleh Motor listrik. Dan Motor listrik  pertama kali diciptakan di Hungaria  pada tahun 1827, dan setahun kemudian terciptalah mobil berpenggerak motor listrik. Selanjutnya terus dikembangkan di Belanda, Inggris hingga kiprahnya di Detroit, U.S pada era awal tahun 1900-an sebagai mobil yang dikomersialkan.

Namun dengan berkembangnya infrastruktur, dan juga ditemukannya sumber minyak di beberapa negara bagian U.S mobil listrik jadi kalah pamor dengan mobil berpenggerak motor bakar yang ditenagai bensin.

Harga bensin menjadi lebih terjangkau, kondisi jalanan yang memungkinkan untuk perjalanan-perjalanan Panjang serta banyaknya inovasi membuat mobil bensin lebih mudah dioperasikan.

Pada tahun 1917 Ford pun lahir sebagai mobil komersil pertama di U.S. Mobil listrik pun makin jauh ditinggalkan. Mobil bensin mendominasi populasi passenger car di dunia.

Namun bukannya lenyap ditelan bumi, berbagai penemu, ilmuwan, designer mobil dari Eropa, Jepang dan Amerika juga terus mengembangkan mobil listrik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x