Mohon tunggu...
Andreas PeterChandra
Andreas PeterChandra Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Web Developer

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Untag Surabaya 2021: Design Branding Pada UMKM Sebagai Sarana Meningkatkan Daya Jual Pada Pasar Digital

4 Desember 2021   15:11 Diperbarui: 7 Desember 2021   14:33 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan berdagang umumnya dilakukan secara langsung berinteraksi dengan pembeli namun pandemi membawa dampak sekaligus peluang baru bagi pelaku UMKM.  UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak pandemi ini. Terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online disaat pandemi yang membatasi pergerakan pelaku usaha. 

Dibutuhkan adaptasi dalam melakukan kegiatan jual beli  yang biasa dilakukan secara langsung, dibutuhkan pelatihan dan waktu untuk pelaku usaha terbiasa.  Pelaku usaha perlahan beralih dari perdagangan konvensional ke digital. Pendaftaran pedagang UMKM dan penjualan online pada masa pandemi meningkat drastis, dikarenakan pelaku usaha yang semakin bertambah. Pelaku usaha dapat mendapatkan pelanggan dari platform jual beli online. Namun persaingan pada pasar digital mengharuskan pelaku usaha semakin kreatif dalam hal Branding dari produk yang dibuat.

Dengan adanya Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 2021, mahasiswa dituntut untuk menganalisa dan memberi solusi kepada pelaku usaha dalam mengatasi permasalahan UMKM sesuai dengan domisili. Program KKN Untag tahun ini memiliki tema yaitu KKN Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. 

Memiliki beberapa topik terkait permasalahan inti diantaranya membangun desa, mengajar di sekolah, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha. Andreas Peter Chandra mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Untag Surabaya sebagai pelaksana Program KKN yang dibimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan Puteri Noraisya Primandari, S.ST., M.IM memiliki judul "Pendampingan Design Branding Pada UMKM Imanuel Gorden Sebagai Sarana Meningkatkan Daya Jual Product Di Pasar Digital" yang telah dilaksanakan pada domisili Ploso Timur, Kecamatan Tambaksari, Kelurahan Ploso, Surabaya.

UMKM Imanuel Gorden sebagai Mitra KKN/Dokpri
UMKM Imanuel Gorden sebagai Mitra KKN/Dokpri

Banyak dari pelaku usaha masih awam dan terkendala akan bagaimana menarik minat pelanggan pada platform jual beli online. Adanya cara persaingan yang baru membuat pelaku usaha harus mendapatkan pendampingan dalam meningkatkan Branding dari produk yang mereka jual. Persaingan kreatif di pasar digital dapat ditekankan melalui unsur Design. Pelanggan memiliki minat jika Design dari toko atau produk yang dibuat terlihat menarik. 

Pembaruan desain katalog pada toko digital/Dokpri
Pembaruan desain katalog pada toko digital/Dokpri

Untuk menunjang pelaku usaha Imanuel Gorden dalam berdagang pada platform digital, dilakukannya pembaruan pada beberapa foto produk dan katalog. Pentingnya foto produk difoto dan diberikan desain yang lebih baik untuk meningkatkan minat calon pembeli. Dengan adanya pelaksaaan KKN pada mitra pelaku usaha Imanuel Gorden diharapkan adanya peningkatan daya jual pada platform penjualan digital.

#UntagSurabaya 

#KitaUntagSurabaya 

#UntukIndonesia 

#UntagSurabayaKeren 

#EcoCampus 

#KampusKompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun