Bagi pengguna kendaraan bermotor pasti mengenal dan pernah mendengar kata “vespa”, vespa adalah motor tua yang sangat familiar, scooter tua yang masih eksis sampai di era modern ini masih sering terlihat menghiasi jalan-jalan di Ibu kota, bentuk body yang unik dan design yang menarik membuat vespa tetap diminati dan menjadi pusat perhatian di jalan
vespa sangat digemari oleh masyarakat luas, inilah yang membuat vespa bisa bertahan sampai sekarang, bentuk body yang unik dan sejarah yang dimilikinya, membuat vespa berbeda dengan kendaraan roda dua lainnya, para pengguna vespa dari jaman dulu sampai sekarang terus bertambah, karena vespa sangat digemari oleh masyarakat luas, maka muncul lah komunitas-komunitas vespa di Indonesia, inilah yang membuat perkembangan vespa sangat pesat di Indonesia
asal mula sejarah vespa di mulai dari seabad silam,oleh perusahaan Piaggio yang didirikan di Genoa, Italia, oleh Rinaldo Piaggio tepat nya pada 1884,pada saat itu perusahaan ini memproduksi mulai dari peralatan kapal,rel kereta,gerbong kereta,body truck,mesin ,kereta api,bahkan setelah perang dunia I (PD I) perusahaan ini membuat pesawat dan kapal laut.jadi perusahaan Piaggio tidak langsung membuat vespa.
Lalu pada tahun 1917, Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian perusahan ini mengambil alih perusahaan kecil di Pontedera di daerah Tuscany, Italia. Di Pontedera menjadi pusat pembuatan pesawat terbang beserta komponennya (baling-baling,mesin dan pesawat),
Pada akhir Perang Dunia II (PD II), pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu.
Dan setelah Perang Dunia II usai,di sinilah Enrico Piaggio anak dari Rinaldo Piaggio mengambil alih Piaggio dari (ayah nya),pada saat itu perekonomian di Italia sedang buruk,lalu Enrico memutuskan untuk mendesain alat transportasi murah dan bekerjasama dengan D’Ascanio yaitu insinyur di bidang penerbangan yang membuat helikopter modern pertama Piaggio,lalu mereka membuat revolusi kendaraan baru, dengan membayangkan kendaraan dengan menggunakan “monocoque” yaitu garpu depan yang menjepit ban seperti ban pesawat sehingga mudah untuk penggantian ban, dan hasil nya sebuah desain, yang terinspirasi dari pesawat, yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan lain.
LAHIRNYA VESPA
Setelah di perbaiki dan di sempurnakan untuk mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya. Lalu lahir lah pertama kali produk motor dengan seri MP5 (moto piaggio 5) paperino pada tahun 1943. MP5 ini di sebut paperino,karna bentuk nya yang mirip dengan (donald duck) lalu D’Ascanio memperbaiki model tersebut, mengonsep dan mendesain ulang kendaraanya.
Dan lahir lah prototip MP6, dengan model yang baru, lalu pada saat Enrico piaggio melihat prototip MP6 itu,dan secara tak sengaja dia menyebut “sambra una vespa”( seperti lebah/tawon) akhirnya kendaraan ini dinamakan vespa,pada April tahun 1946 dan di produksi massal di pabrik Piaggio di Pontedera,Italia
VESPA DI INDONESIA
Masuk nya vespa di Indonesia sangat di pengaruhi oleh “vespa congo” yaitu vespa yang di berikan sebagai penghargaan oleh pemerintah terhadap pasukan penjaga perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.
setelah banyak pengguna vespa yang mengendarai vespa congo di jalanan,mulailah ”demam vespa” di Indonesia,dan banyak orang yang memilih vespa sebagai salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia.bahkan sampai saat ini banyak sekali varian vespa di Indonesia,Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan populasi vespa terbesar di dunia.
berbicara tentang vespa, kurang lengkap jika tidak membahas komunitas-komunitas vespa di Indonesia, para pengendara vespa di Indonesia, memiliki rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang sangat erat, berlandaskan kecintaan dan hobby yang sama terhadap vespa, mereka saling tolong – menolong jika vespa mereka rusak atau mogok, hal ini tidak terjadi kepada sesama komunitas saja, tetapi kepada pengguna – pengguna vespa yang lain(yang mereka tidak kenal) ,dimanapun vespa itu berada ,dan jenis apapun vespa yang di gunakan, para pengendara vespa akan saling membantu.