Mohon tunggu...
Andreas Hutabarat Exsotis
Andreas Hutabarat Exsotis Mohon Tunggu... Mahasiswa

Freelancer

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Pengaruh Game Masa Kini

2 Desember 2019   19:59 Diperbarui: 2 Desember 2019   20:01 0 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan pesat yang terjadi di masa kini telah mencapai ke tahap yang sangat berkembang terlebih lagi pada zaman revolusi industri 4.0 ini telah banyak perubahan -- perubahan dari cara memainkan game, pada awalnya rata -- rata game hanya dapat dimainkan di komputer kemudian berkembang ke laptop yang lebih praktis lalu berkembang pesat dan sampai akhirnya dapat dimainkan di handphone yang lebih praktis dan dibawa kemana -- mana.

            Game memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan remaja masa kini dapat dikatakan bahwa game sekarang bahkan dapat mengontrol kegiatan remaja masa kini bagaimana tidak hampir setiap saat dapat kita temukan remaja terus bermain game baik saat waktu luang, belajar, saat makan bahkan saat pembelajaran dilakukan kita dapat menjumpai remaja bermain game. Tidak hanya tidak dapat terlepas dari game tapi juga dari penggunaan gadget atau handphone di kegiatan sehari -- hari tanpa disadari mula -- mulanya dari game kemudian berlanjut terus -- menerus yang mendorong kita untuk tidak dapat lepas dari handphone.

            Lebih buruknya lagi di dalam ibadah remaja tetap menggunakan handphone mulai dari berkomunikasi sampai bermain game jadi ibadah yang dilakukan sama sekali tidak memiliki arti. Banyak juga dari kita yang tidak dapat terlepas dari penggunaan handphone ini yang mana anak -- anak zaman sekarang saja sudah memiliki handphone mereka masing -- masing. Presentase anak yang memakai kacamata di usia muda pun meningkat terlepas dari pengaruh biologis atau bawaan lahir mereka. 

Ini sudah tidak dapat di biarkan lagi seharusnya kita mengambil tindakan dengan memberikan penyuluhan atau bisa dengan memberitahu dampak yang dapat terjadi, tidak hanya itu dengan mencontohkannya kepada sekitar kita seperti tidak terpaku terhadap handphone setiap saat serta menonaktifkan handphone saat kebakitan telah dimulai. Dengan tindakan ini kita sebagai remaja Indonesia dapat berkembang dengan sehat baik secara fisik yang tidak menunduk dan membungkuk maupun jiwa dimana kita dapat mengikuti kebaktian di tempat ibadah kita terlebih lagi di dalam gereja.

            Tapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa game memberikan dampak positif bila kita dapat mengatur dengan efisien karena memang game di desain dengan beberapa kareteristik misalnya permainan yang memakai strategi yang dapat mengasah kita dalam mengambil sebuah keputusan seperti layaknya permainan catur. Jadi dapat disimpulkan bahwa game juga memberikan dampak positif tidak hanya negatifnya saja terlebih lagi ini sebagai pembelajaran bahwa segala perbuatan yang kita lakukan memiliki dampak negatif dan positif maka dari itu berhati -- hatilah dalam berbuat supaya tidak jatuh ke dalam penyesalan dan dosa.

           

 

VIDEO PILIHAN