Mohon tunggu...
Andreas Aditya
Andreas Aditya Mohon Tunggu... Sales - Mahasiswa

Karyawan

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Kemudahan dan Kekurangan Metode Pembayaran Paylater

18 Juli 2022   23:11 Diperbarui: 18 Juli 2022   23:51 118 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Foto Pribadi

Jakarta - Pada Jaman Modern saat ini berbagai kemudahan dapat kita temui dalam banyak hal, tidak terkeculai dalam hal berbelanja. Berbelanja adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. 

Saat ini setiap orang dapat berbelaja secara online dan offline. Keduanya memiliki sensasi dan pengalaman berbelanja yang berbeda-beda untuk setiap orang. Perubahan jaman juga merubah sistem Pembayaran dalam proses Transaksi Jual beli saat ini,  salah satunya yaitu Paylater.

Paylater merupakan suatu  Metode pembayaran dimana penggunanya dapat melakukan pembayaran secara bertahap ( dicicil ) atau pembayaran dapat dilakukan di bulan berikutnya. Di akhir-akhir ini banyak sekali Startup yang bergerak di bidang ini.

Paylater memberikan kemudahan setiap orang dalam proses berbelanja, kemudahan yang di tawarkan dapat memikat orang untuk menggunakannya. Namun seperti pedang bermata dua, Paylater juga mempuyai kekurangan yang dianggap cukup merugikan bagi penggunanya.

Anggi (22) seorang karyawan swasta mengatakan bahwa Penggunaan paylater terdapat kelebihan dan kekurangannya. "Saya menggunakan paylater ketika saat terdesak, seperti membeli token listrik atau pulsa di malam hari, karena kalau malam hari banyak kios yang sudah tutup." ungkapnya.

Senada dengan Anggi, Adapun Kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan paylater adalah sebagai berikut :

Kelebihan metode Pembayaran Paylater

  • Kemudahan dalam melakukan pembayaran adalah faktor utama dimana Paylater diminati.  kita tidak perlu membawa uang cash yang banyak ketika akan membeli sesuatu. cukup menggunakan Gadget, kita sudah dapat melakukan pembayaran.  Disamping kemudahan dalam melakukan pembayaran, Paylater juga cukup mudah di dapatkan. Dengan hanya beberapa syarat seseorang sudah dapat memiliki sebuah akun Paylater dengan segera. Berbeda dengan proses pembuatan Kartu kredit yang membutuhkan waktu cukup lama.

  • Paylater juga di lengkapi dengan promo -promo menarik, sehingga orang lebih tertarik untuk selalu memakai paylater. Dengan cashback ataupun potongan diskon akan membuat orang selalu mencoba paylater. Selain itu kita juga dapat menunda pembayaran sesuai dengan waktu yang di tentukan. Tentu saja ini mejadi keungulan dari Paylater.

Meskipun cukup banyak Kelebihan yang di tawarkan oleh Paylater, Kekurangan juga menjadi hal yang harus di perhatikan oleh kita yang sudah menggunakan Paylater ini.

Kekurangan Metode Pembayaran Paylater

  • Dengan banyaknya kemudahan yang sudah di sebutkan diatas, maka orang akan cenderung lepas kendali dan kurang bijak dalam berbelanja, ini akan membuat kita lebih boros. Olehkarena itu bijak dalam menggunakan paylater adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan agar penggunaan paylater dapat tepat dan benar.

  • Resiko keamanan data juga di pertaruhkan dalam penggunaan paylater. Data pribadi kita juga dapat terancam di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, sebelum kita memakai dan menggunakan paylater, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari paylater ini. Agar di kemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dalam menggunakan Paylater. (adid)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan