Mohon tunggu...
Andrean Putra
Andrean Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hello

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampus Merdeka dan Implementasinya

11 Maret 2021   12:03 Diperbarui: 11 Maret 2021   12:12 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kampus merupakan tempat pendidikan yang akan dilalui oleh setiap orang setelah lulus dari bangku SMA atau SMK. Kampus menjadi tempat belajar dan memberi pengetahuan yang luas mengenai berbagai macam. Peran kampus sangat penting karena kampus merupakan penghasil mesin bagi kemajuan bangsan Indonesia. Kampus harus mampu menghasilkan mesin -- mesin yang kreatif, inovatif, produktif dan berdaya saing tinggi sebagai modal sumber daya manusia. Pada dasarnya program pembelajarannya menerapkan konsep dimana dosen menjandi sumber utama dalam pembelajaran itu. Hal itu menjadikan mahasiswa kurang aktif dan mandiri dalam upaya menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Pada dasarnya sebuah kampus akan menerapkan system pembelajaran dengan SKS yang hampir keseluruhan dilakukan di dalam kelas. Ini menunjukan bahwa kurangnya kemerdekaan dalam belejar yang dilakukan mahasiswa, mereka seperti tidak bisa mempelajari hal lain selain prodi yang mereka pilih. Merdeka dalam belajar bertujuan untuk memberikan kebebasan terhadap mahasiswanya untuk belajar diluar kampus. Konsep merdeka belajar terus dikembangkan oleh kemendikbud guna upaya mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas.

Kampus merdeka sebuah konsep baru yang membiarkan mahasiswanya mendapatkan kebebasan dalam belajar atau merdeka belajar. Tujuan dari kampus merdeka agar kedepannya calon calon pemimpin masa depan negara Indonesia bisa melewati atau menghadapi tantangan global maupun tantangan nasional yang ada di masa depan, seperti demografi dunia, urbanisasi global, perdagangan internasional, keuangan global, kemiskinan dan masih banyak lagi. Karean nantinya ketika mahasiswa lulus, dunia yang mereka hadapi berbeda saat ketika mereka masuk. Kampus merdeka ditujukan untuk penyiapan skill dan kompetensi baru.

Kampus merdeka dilakukan dengan cara pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kampus merdeka melakukan program bahwa mahasiswa bisa mengambil 1 semester (20 sks) di prodi lain sehingga mahasiswa di fakultas kedokteran yang mempunyai cita -- cita setelah lulus ingin mendirikan klinik sendiri bisa belajar tentang manajemen, bisnis atau keuangan. Mahasiswa juga akan diberikan 2 semester (40 sks) untuk belajar diluar kampus seperti pertukaran mahasiswa, magang, mengajar di sekolah, penelitian, membangun desa dan kewirausahaan mahasiswa. Hal ini dilakukan karena setiap mahasiswa memiliki potensi, cita -- cita, aspirasi dan passion yang berbeda satu sama yang lain. Kemerdekaan untuk memilih merupakan jalan terbaik mengembangkan potensi diri. Melalui program -- program kampus merdeka diharapkan mahasiswa mempunyai hard skill, soft skill, life skill, network, experience dan portofolio agar kedepannya mahasiswa menjadi seorang yang professional, entrepreneur, sociopreneur, saintis, birokrat dan politis.

Kampus sehat merupakan ekosistem yang sangat penting untuk lahirnya pemimpin bangsa yang beriman, berakhlak mulia, mempunya daya kritis atau nalar yang tinggi, kepedulian sosial, inovatif dan produktif. Berikut hal -- hal yang harus dimiliki kampus sehat:

  • Kampus yang sehat harus memiliki kesehatan intelektual yang terbiasa dengan perbedaan pendapat, berdiskusi dan berdebat dalam suasana kekeluargaan.
  • Mahasiswa yang sehat emosional, spiritual dan jasmani agar nantinya mereka dapat bekerja di badan milik negara.
  • Warga kampus yang peduli sosial, bebas dari narkoba, sex bebas, kekerasan dan intoleransi.
  • Memlilki kantin sehat yang menjual makanan dan minuman yang bergizi.
  •  Kampus yang bersih dan hijau akan membuat mahasiswa menjadi nyaman saat belajar dan mengejarkan mereka akan kepedulian lingkungan.
  • Fasislitas Kesehatan.

Ekosistem yang diperlukan dalam membangun kampus merdeka bukan hanya kampus sehat namun kampus merdeka perlu penguatan ekosistem seperti pendanaan, pengembangan karir dan insentif dosen, jejaring kemitraan, kebijakan dan masih banyak lagi. Kampus merdeka merupakan konsep belajar yang sangat efektif untuk mencetak mahasiswa yang inovatif, kreatif, berani dan produktif. Oleh karena itu, marilah kita mendukung konsep belajar ini agar kedepannya bangsa Indonesia mempunyai pemimpin yang benar -- benar mampu memimpin bangsa.

(sumber: https://youtu.be/ygTDartwdFA Kuliah Umum bersama Dirjen Dikti)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan